Home / Rubrik / Berita

Cara Untuk Tingkatkan Kualitas Tidur Anda

gambar-headline
Indonesia Post Views: 195

Manusia membutuhkan tidur dalam hidupnya sebab dengan tidur kita telah membantu dalam menjaga kesehatan mental dan fisik. Manusia membutuhkan kualitas tidur yang baik agar esok hari bisa menjalankan aktivitas-aktivitas dengan lancar. 

 

Untuk orang dewasa membutuhkan 7 sampai 9 jam waktu tidur per malam. Dengan kita memelihara kualitas tidur yang baik maka bisa berpengaruh positif untuk semua aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. 

 

Terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa apabila kita sedang tidur atau tidur kita tidak nyenyak dapat mengakibatkan penurunan daya pikir kemampuan bekerja seseorang dan konsentrasi seseorang. 

 

Oleh sebab itu mari kita simak beberapa cara untuk meningkatkan kualitas tidur kita. 

 

1. Olahraga rutin

Dengan kita melaksanakan olahraga teratur bisa meningkatkan kualitas tidur kita. Olahraga teratur mampu membantu kita lebih cepat tertidur dan membuat tidur kita nyenyak. 

 

Akan tetapi perlu diperhatikan juga waktu olahraga kita apabila kita melaksanakan olahraga berat menjelang waktu tidur mungkin hal itu bisa mengganggu tidur kita. 

 

Karena olahraga berat bisa merangsang tubuh kita dalam proses pelepasan hormon stres atau kortisol yang bisa menjadikan tubuh kita tetap terjaga dan tidak merasa ngantuk. 

 

Kita sebaiknya melaksanakan olahraga di malam hari kurang lebih 3 jam sebelum waktu tidur kita, atau kita juga bisa melaksanakan olahraga di pagi hari. 

 

2. Jangan konsumsi kopi atau rokok sebelum tidur

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang bisa menjadikan kita menjadi sulit tidur. Walaupun dipaksakan untuk tidur kita menjadi terbangun beberapa saat di malam hari. Hal tersebut menjadikan kualitas tidur kita menjadi menurun dan bisa mengurangi waktu tidur kita.

 

3. Jangan makan berat mendekati waktu tidur

Mengkonsumsi makanan berat bisa membuat sistem pencernaan menjadi bekerja lebih keras. Sehingga dapat merusak kualitas tidur kita, apabila merasa lapar di malam hari kita bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi makanan ringan seperti biskuit, sereal atau susu. Selain dari itu kita sebaiknya membatasi waktu makan paling lambat ialah 1 jam sebelum tidur. 

 

4. Kurangi penggunaan perangkat elektronik atau gadget sebelum tidur

Kurangi bekerja di tempat tidur supaya pikiran kita bisa lebih rileks. Selain dari itu, kurangi juga penggunaan peralatan elektronik, seperti TV dan gadget ketika kita hendak tidur. Dengan mengurangi hal tersebut bisa memberi efek positif, yaitu tidur bisa menjadi lebih nyenyak, kita juga sebaiknya mematikan lampu di kamar ketika hendak tidur.

 

Itulah beberapa cara yang dapat kita terapkan supaya kita meningkatkan kualitas tidur dan menjadi lebih bugar pada saat bangun di pagi hari. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu