Home / Rubrik / Berita

Pentingnya Mikronutrien Bagi Tumbuh Kembang Anak

gambar-headline
Indonesia Post Views: 166

Mikronutrien yaitu nutrisi yang diperoleh dari mineral dan vitamin. Kedua jenis nutrisi tersebut seringkali luput dari perhatian, padahal keduanya penting sekali dalam proses tumbuh kembang anak.

 

Terdapat beberapa peranan penting mikronutrien dalam tumbuh kembang anak, walaupun dibutuhkan dalam jumlah yang tidak banyak, mikronutrien sangat penting sekali dalam membantu proses tumbuh kembang sang anak.

 

Mikronutrien dapat membantu tubuh memproduksi hormon, enzim dan zat yang lainnya yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal tersebut juga sudah disampaikan oleh WHO atau badan kesehatan dunia.

 

Berikut ini ada beberapa mikronutrien yang mana jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anak dalam masa pertumbuhannya. 

 

Vitamin A

Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata kuku rambut dan kulit. Vitamin A juga bisa menunjang pertumbuhan tulang serta melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Sumber makanan yang mengandung vitamin A antara lain ialah keju, telur, wortel, tomat, bayam, mangga, dan brokoli.

 

Vitamin B

Terdiri dari berbagai macam, diantaranya B1, B2, B3, B6 dan B12. Vitamin B berperab penting untuk metabolisme, produksi energi, dan kesehatan sistem saraf. Sumber vitamin B bisa diperoleh dari beras, kacang kedelai, kacang-kacangan, daging, ayam, susu, ikan, dan telur. 

 

Vitamin C

Bisa membantu pembentukan sel darah merah, jaringan dan tulang. Vitamin C juga merawat kesehatan gusi dan kekuatan pembuluh darah serta bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kita bisa memperoleh vitamin C dari buah jeruk, strawberry, pepaya, jambu, mangga, kiwi dan tomat.

 

Vitamin D

Sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta membantu dalam penyerapan kalsium. Vitamin D bisa didapatkan dari susu dan produk turunannya seperti yoghurt keju dan mentega. Kita juga bisa mendapatkan vitamin D dari ikan salmon, telur, ikan tuna dan minyak ikan.

 

Vitamin E

Vitamin E dapat membatasi produksi radikal bebas yang bisa merusak sel. Vitamin E juga sangat penting bagi imunitas tubuh dan untuk memperbaiki kerusakan DNA. Vitamin E bisa didapat dari kiwi, kacang-kacangan, minyak biji bunga matahari, brokoli, minyak kacang kedelai, bayam dan minyak canola.

 

Kalsium

Sangat berperan aktif dalam membantu proses tumbuh kembang anak, mineral ini menunjang pertumbuhan gigi dan tulang serta menjaga kesehatan saraf dan otot. Kalsium membantu proses pembekuan darah dan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi.

 

Zat Besi

Berperan dalam proses pembentukan otot dan diperlukan dalam produksi sel darah merah yang sehat.

 

Sumber makanan yang mengandung zat besi antara lain daging merah, daging kalkun, bayam, kacang-kacangan dan prune.

 

Pada dasarnya, kebutuhan vitamin dan mineral tubuh dapat terpenuhi oleh berbagai macam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tetapi jika dibutuhkan kita bisa berkonsultasi langsung ke dokter spesialis anak mengenai seberapa banyak asupan yang diperlukan anak.

 

Itulah penjelasan mengenai mikronutrien yang sangat berperan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

9 bulan yang lalu