Home / Rubrik / Berita

Doa Penenang Hati Saat Sedang Gelisah

gambar-headline
Bandung Post Views: 176

Perasaan gelisah dalam hati memang bisa dirasakan oleh siapapun, hal itu merupakan salah satu fitrah manusia sebagai makhluk yang memiliki perasaan.

Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang merasa gelisah, seperti stres berlebihan dan cobaan yang datang terus berdatangan. Saat gelisah, tak jarang seseorang akan merasakan gangguan tidur, perubahan mood, penurunan konsentrasi , dan bahkan dapat mengganggu pencernaan. 

 

Ketika sedang merasa gelisah, kita harus ingat bahwa Allah berfirman dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 286 bahwa Allah tidak akan membebani hamba-Nya sesuai dengan kesanggupannya.

Bahkan Allah pun berjanji di surah Al-Insyirah ayat 5 dan 6 bahwa "Karena sungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."

Artinya, sesulit apapun masalah kita hingga membuat kita gelisah, yakinlah bahwa setelah kesulitan yang kita alami akan mendapatkan kemudahan pada waktunya.

 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa gelisah ini, salah satunya dengan berdoa agar hati diberikan ketenangan ketika dilanda kegelisahan. Berikut doanya: 

 

1. Doa Pertama

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu'minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna'u bi 'atho-ika.

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.” (H.R. Thabrani).

 

2. Doa Kedua

Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta.

Artinya:

“Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

 

3. Doa Ketiga

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya:

“Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka paham ucapanku.” (Q.S. Thaha 25-28).

 

4. Doa Keempat

Allahumma inni a'udzu bika minal 'ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a'udzu bika min 'adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian."

 

5. Doa Kelima

Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal ḥazan wal 'ajzi wal kasal wal bukhli wal jubni wa dhala'id daini wa ghalabatir rijal.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya hamba berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemas dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang."

 

Itulah beberapa doa yang bisa kita panjatkan ketika dilanda kegelisahan. Semoga doa-doa ini bisa menginspirasi.

 

 

 

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

4 minggu yang lalu