Home / Rubrik / Berita

Tips and Trick Tetap Sehat Selama Jalankan Ibadah Haji

gambar-headline
Indonesia Post Views: 33

Seluruh umat Muslim pasti ingin merasakan ibadah haji, namun tidak semua umat muslim mempunyai kesempatan untuk berangkat ke tanah suci Mekkah. Maka dari itu umat muslim yang telah dipanggil untuk melaksanakan ibadah haji harus bersyukur dan selalu menjaga kesehatan ketika menjalankan ibadah haji. 

 

Ketika menjalankan ibadah haji tentunya kita juga harus memperhatikan mengenai kesehatan tubuh kita. Perlu diketahui cuaca di Indonesia dan cuaca yang terjadi di tanah suci Mekkah memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Sehingga seluruh jemaah haji yang berasal dari Indonesia harus melaksanakan pemeriksaan kesehatan sebelum dinyatakan siap dan mampu untuk melaksanakan perjalanan ibadah haji di tanah suci Mekkah. 

 

Ketika sedang menjalani masa penyesuaian diri terhadap kondisi cuaca di Mekah para jemaah haji harus melaksanakan beberapa hal guna menghindari dan meminimalkan beberapa hal yang mungkin terjadinya potensi paparan penyakit dan pingsan ketika menjalankan proses ibadah haji. 

 

Berikut ini terdapat tips and trick menjaga kesehatan saat menjalankan ibadah haji, diantaranya yaitu

 

1. Jemaah dianjurkan untuk membawa payung guna menghindari sengatan panas atau heat stroke yang biasa terjadi di Mekah. 

 

2. Sebisa mungkin menghindari kegiatan di luar rangkaian ibadah haji, terutama kegiatan di luar ruangan guna untuk menjaga diri dari efek cuaca panas di tanah suci Mekkah.

 

3. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan asupan air dalam tubuh, agar tidak terjadi dehidrasi.

 

4. Hindari kelelahan berlebih dan apabila sudah merasa tidak sehat segera periksakan dengan mengunjungi Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) yang sudah disediakan oleh Kementerian kesehatan. Karena di sana, sudah disediakan berbagai macam vitamin dan obat serta ada dokter dan tenaga medis lainnya yang siap menangani keluhan penyakit untuk jemaah haji Indonesia. 

 

Dengan menerapkan tips and trick tetap sehat bagi jemaah haji diatas, semoga para jamaah bisa beribadah dengan sehat dan lancar sampai kembali ke tanah air Indonesia. 

 

Usahakan selalu menjaga protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup yang sehat dan bersih agar terhindar dari berbagai macam penyakit selama di tanah suci Mekkah. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu