Home / Rubrik / Berita

Doa Supaya Diberi Kemudahan Rezeki untuk Keluar dari Kesulitan Ekonomi

gambar-headline
Bandung Post Views: 101

Seorang muslim yang tengah diberikan cobaan kesulitan dalam mendapat rezeki hendaknya tidak putus asa dalam berusaha dan berdoa kepada Allah SWT Yang Maha Kaya. Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk banyak berdoa, oleh karena itu memanjatkan doa dan permohonan merupakan sifat penghambaan kepada Allah SWT Rabb Semesta Alam.

 

Berikut doa yang dapat dibaca ketika sedang mengalami kesulitan ekonomi:

Allahumma la sahla illa maa ja'altahu sahlan, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlan

Artinya:

"Ya Allah tidak ada sesuatu yang mudah, kecuali jika Engkau jadikan mudah, dan Engkau menjadikan suatu yang sulit menjadi mudah, jika Engkau kehendaki jadi mudah."

 

Doa Mendapat Rezeki

Arab-latin: Allaahumma innii asʼaluka antarzuqnii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’abin walaa musyaqqotin walaa dhairin walaa nashabin innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir

Artinya: “Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa sulit, dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu.”

 

Doa Pembuka Rezeki dan Kekayaan

Arab-latin: Allaahumma yaa ghaniyyu yaa mughnii aghninii ghinan abadan wa yaa ‘aziizu yaa mu’izzu a’izzanii bi i’zaazi ‘izzati qudratika wa yaa muyassiral umuuri yassirlii umuuraddunyaa wad diini yaa khaira man yurjaa yaa allaahu

Artinya: “Ya Allah, Dzat yang Maha Kaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan kepadaku yang abadi. Wahai Dzat yang Maha Mulia yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling baik, ya Allah.”

 

Doa Mohon Rezeki Melimpah dan Baik

Arab-latin: Allaahumma yaa ahadu ya waahidu ya maujuudu yaa jawwaadu yaa baasithu yaa kariimu ya wahhaabu yaa dzath thauli yaa ghaniyyu yaa mughnii yaa fattaahu yaa rozzaaqu yaa ‘aliimu yaa hayyu yaa qayyuum yaa rahmaanu yaa rahiim yaa badii’us samaawati wal ardhi yaa dzal jalaali wal ikraam yaa hannanu yaa mannaanu infahni minka binafhati khairin tughnini ‘amman siwaaka.

Artinya: “Ya Allah, wahai Dzat yang Maha Esa tiada terbagi-bagi, wahai Dzat yang Maha Esa tiada bersekutu, wahai Dzat yang Maujud, wahai Dzat yang Maha pemurah, wahai Dzat yang Maha pembagi, wahai Dzat yang Mahamulia, wahai Dzat yang Maha pemberi, wahai Dzat yang memiliki Anugrah, wahai Dzat yang Maha Kaya, wahai Dzat yang Maha pemberi wahai Dzat yang Maha pembuka pintu rezeki, wahai Dzat yang Maha mengetahui, wahai Dzat yang Maha Hidup, wahai Dzat yang maha pengasih, wahai Dzat yang Maha penyayang, wahai Dzat yang Maha pemberi Anugrah, limpahkanlah rezeki dari-Mu dengan kelimpahan sebaik-baiknya yang dapat memberikan kecukupan bagi diriku, terlepas dari pengharapan pemberian siapa pun selain Engkau.”

 

Doa Meminta Dicukupkan dengan Rezeki yang Halal 

“Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka.”

Artinya: “Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu.” (HR Tirmidzi).

 

 

Itulah beberapa doa yang bisa kamu panjatkan agar diberi kemudahan dalam mendapat rezeki. Perlu diingat pula bahwa rezeki dari Allah Subhanahu wa Ta’ala tak selalu berupa harta ataupun kekayaan, namun juga kesehatan, ilmu yang bermanfaat hingga umur yang panjang. Jangan lupa selalu bersyukur.

Panjatkan doa ini setiap hari, disaat rezeki sedang sulit maupun mudah.

 

Semoga bermanfaat...


Author

img-author

Sinta Guslia

1 bulan yang lalu