Bimbel Gratis Rumah Yatim Kalsel Bantu Atasi Kesulitan Belajar Anak Dimasa Pandemi

Sudah hampir 1 tahun tepatnya pembelajaran untuk anak-anak sekolah hingga perguruan tinggi dialihkan ke rumah/daring. Hal ini merupakan tindakan dari pemerintah untuk menghentikan penyebaran COVID 19 di area pendidikan.

Namun meskipun begitu, masih banyak anak yang kesulitan menerima materi pembelajaran selama daring. Hal tersebut terjadi entah karena materi yang disampaikan melalui daring sulit untuk dipahami, terbatasnya kuota internet, sinyal yang susah, sampai ketika ada kesulitan menerima materi, anak tidak tahu harus bertanya pada siapa karena banyak orang tua yang sibuk dan juga tidak semua orang tua paham dengan materi pembelajaran anak.

Mengetahui kondisi tersebut, Rumah Yatim mengadakan program bimbingan gratis di beberapa wilayah di Indonesia salah satunya di Kalimantan Selatan. Di Kalimantan Selatan tepatnya di kota Banjarmasin, Rumah Yatim membuka 2 tempat bimbel gratis, di lokasi yang berbeda.

Lokasi pertama ada di Jl. Sungai Jingah No.18, Surgi Mufti, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ada 39 peserta dari tingkat SD dan SMP. Sedangkan di lokasi kedua ada di Jl. Pangeran Hidayatullah, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, ada sebanyak 20 peserta dari tingkat SD.

Dikatakan Dasep, kepala cabang Rumah Yatim Kalsel, bimbel ini sudah ada sejak bulan November tahun lalu, bimbel ini diadakan setiap hari minggu, dengan diajari oleh pengajar yang profesional di bidangnya.

Setiap minggu anak-anak mendatangi lokasi bimbel dengan menaati protokol kesehatan covid, saat proses belajar prokes tetap diberlakukan.

Peserta bimbel ini berasal dari keluarga kurang mampu, mayoritas orang tuanya bekerja sebagai buruh bangunan dengan penghasilan tak menentu. Untuk makan saja kesulitan, apalagi memasukan anaknya ke bimbingan belajar berbayar.

Para orang tua sangat senang dan bersyukur dengan adanya bimbel ini. Mereka pun mengucapkan banyak berterima kasih kepada Rumah Yatim yang telah mengadakan bimbel gratis ini, kata mereka bimbel ini sangat membantu mereka mengatasi kesulitan belajar anak dimasa pandemi.

” Alhamdulillah setiap hari minggu anak-anak datang dengan antusias. Mereka senang karena belajar di bimbel Rumah Yatim tidak membosankan dan bisa meminta bantuan pengajar untuk menerangkan kembali materi yang belum dipahami,” ujar Dasep, Rabu (17/02)

Ia berharap kegiatan bimbel ini bisa menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan belajar anak dimasa pandemi ini. Ia pun berharap, bimbel ini bisa meningkatkan prestasi anak-anak yang mengikuti bimbel.

Jurnalis : Sinta Guslia

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend