Bimbel Tahfidz Fasilitasi Anak Asuh Nonmukim Belajar Baca Alquran

Bimbingan belajar (Bimbel) tahfidz terus dilaksanakan Rumah Yatim Area Jawa Barat di Kantor Kas Antapani, Jalan Terusan Jakarta No. 241, Kelurahan Antapani Wetan, Kecamatan Antapani, Kota Bandung, Sabtu (10/11) petang. Kegiatan ini merupakan bentuk fasilitas Rumah Yatim bagi anak asuh nonmukim yang ada di sekitaran kantor kas.

Pada kegiatan Bimbel tahfidz yang sudah berjalan hampir tiga bulan tersebut, anak asuh nonmukim sangat berantusias. Hal ini disampaikan oleh Pengajar Tahfidz, Nia Rahmayani.

Menurutnya, anak-anak terus mengalami perkembangan sejalan dengan kegiatan Bimbel tahfidz tersebut. “Sampai saat ini anak-anak ada perkembangan bacaannya,” papar Nia, di sela-sela kegiatan Bimbel tahfidz kemarin.

Ia mengatakan, sejumlah perkembangan yang terlihat meliputi bacaan dan hafalan anak asuh nonmukim tersebut. Metode yang dipakai sendiri dalam pembelajaran adalah mengevaluasi secara langsung. Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan, kata dia, di antaranya hafalan surat pilihan, mengenalkan hukum tajwid, serta bacaannya.

“Ditekankan dalam pembacaannya, bisa membenarkan anak-anak yang salah dalam membacanya kita perbaiki, biasanya anak-anak dalam mahrojnya juga ada kekurangan,” ujarnya.

Harapannya, sambung Nia, dengan rutinnya kegiatan Bimbel tahfidz yang diadakan Rumah Yatim bisa mendorong anak-anak untuk mampu membaca Alquran dengan baik dan benar. Apalagi, kegiatan ini dilaksanakan di sore hari selepas anak-anak sekolah formal biasanya. Nia juga berharap, dengan kegiatan Bimbel tahfidz anak bisa mengetahui hukum tajwid.

“Sekarang sudah mulai mengetahui dan bisa mempraktikan dengan Alquran. Harapan yang paling utama anak-anak bisa mengaji dengan baik dan benar,” ungkapnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend