Buruh Tani di Desa Terpencil Ogan Ilir Terima Bantuan Sembako Rumah Yatim

Puluhan masyarakat di desa terpencil menerima bantuan paket sembako dari Rumah Yatim Cabang Palembang, mereka adalah masyarakat miskin yang tinggal di Dusun 2, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (24/10).

Menurut Kepala Cabang Rumah Yatim Palembang, Wely Susanto, dusun tersebut cukup tertinggal karena letaknya sangat jauh dari perkotaan. Tak hanya itu, akses jalan menuju kesana pun masih bebatuan.

“Satu Desa itu hanya ada 248 KK, dan jarak rumah antar warga jauh jauh. Rumah di sana banyak yang terbuat dari bambu, mereka tergolong kategori sangat miskin, jadi sangat memprihatinkan sekali,” terangnya.

Namun menurut Wely, karena keterbatasan dan jarak antar dusun yang begitu jauh sehingga Rumah Yatim hanya mampu memberi bantuan kepada 30 orang warga di satu dusun.

Lebih jauh Wely menjelaskan, awalnya dusun tersebut kaya dengan hamparan sawahnya yang luas. Namun karena banyak warga yang tergiur untuk menjual lahannya, akibatnya kini lahan mereka sudah dimiliki oleh orang asing.

“Keluarganya mereka buruh tani, tadinya mereka pemilik lahan tapi ternyata lahannya di beli China, dan mereka berharap bisa kerja di sana tapi ternyata dikalahkan oleh teknologi dan tenaga mereka tidak terpakai akhirnya mereka jadi buruh tani,” tutupnya.

Jurnalis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend