Butuh Operasi, Pengobatan Hidrosefalus Bayi Yasir Terkendala Biaya

Bayi Yasir (2.5), sudah mengidap penyakit hidrosefalus sejak dalam kandungan, hingga kini di umurnya yang ke 2,5 tahun, ia masih berusaha tegar untuk sembuh dari penyakitnya tersebut. Agar bisa sembuh, bayi Yasir harus dipasangkan selang pada kepalanya dan menjalani operasi untuk mengurangi cairan yang berlebihan di kepalanya.

Bayi Yasir, dirawat oleh sang Ayah dan sang Nenek yang sudah tua yang mengalami sakit TBC akut, tinggal di Pisangan Priuk, Desa Kayu Agung, Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Tangerang.

Mendengar itu, Rumah Yatim Jabodetabek, memberikan perhatian kepada bayi Yasir, menurut Fauzi Munandar, bagian divisi VO dan Pemberdayaan, sejak dalam binaan Rumah Yatim, bayi Yasir yang saat itu tidak bisa membalikan badan, sekarang sudah bisa mengangkat badannya.

Pada (17/9/21) Fauzi dan tim Rumah Yatim telah memberikan bantuan berupa nutrisi dan fasilitas berobat, saat ini pengobatannya sedang berjalan. “kemarin bayi Yasir sudah kontrol dan konsultasi ke Poli Anak, lalu akhirnya dirujuk ke Poli Syaraf” ujar Fauzi.

Saat ini, biaya pengobatan dan operasi bayi Yasir ditanggung BPJS, hanya saja ada beberapa obat yang biayanya tidak bisa di cover BPJS, begitupun untuk keperluan nutrisi dan perlengkapan bayi. bayi Yasir belum mempunyai akta kelahiran, BPJS pun saat itu belum aktif, oleh karenanya, Rumah Yatim membantu untuk administrasi pengaktifan BPJS dan administrasi lainnya, jika administrasi sudah selesai, tindakan operasi akan ditempuh.

Fauzi berharap, mudah-mudahan bayi Yasir bisa sembuh seperti bayi-bayi pada umumnya, juga bisa menjalani kehidupan yang sesuai. “Pesan untuk masyarakat, khususnya masyarakat Pisangan Priuk, untuk bisa lebih memperhatikan Yasir, ataupun bukan hanya Yasir, kita harus saling memperhatikan satu sama lain, agar semuanya terakomodir, bisa saling bahu membahu, sehingga kerukunan bisa tercapai dan persaudaraan semakin kuat.” Ujarnya.

 

Solehan Yusuf

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend