Cepat Tanggap, Tim Relawan Rumah Yatim Bantu Korban Banjir Bandang Sukabumi

Tim relawan Rumah Yatim saat ini sedang berada di lokasi bencana banjir bandang Kampung Cibuntu RT 03/03 Desa Pasawahan Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi .

Tim tiba di lokasi pukul 11:25 waktu setempat, setelah sampai tim langsung berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Jabar Quick Response (JQR) , selanjutnya tim kemudian terjun langsung  ke lokasi terjadinya bencana banjir bandang

Disana tim relawan melakukan operasi penyusuran korban dan pembersihan sisa sisa banjir. Dituturkan Solehudin, salah satu tim relawan Rumah Yatim, perjalanan menuju lokasi membutuhkan waktu selama empat jam setengah.

Selain untuk melakukan penyusuran korban dan pembersihan sisa banjir, tim pun melakukan survey untuk mengoptimalkan bantuan yang akan disalurkan agar tepat guna serta dapat meringankan beban warga yang terdampak bencana.

Dikabarkan juga keadaan terkini di lokasi bencana, 2 dari 3 orang yang dinyatakan hilang sebelumnya telah ditemukan meninggal dunia. Tersisa 1 orang lagi yang hilang dan belum ditemukan.

Mengutip Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Sumedang sementara ini berdampak pada 3 Kecamatan, yaitu Cicurug, Parung Kuda, dan Cidahu serta 299 Kepala Keluarga, 210 orang mengungsi, dan 20 orang luka-luka.

Banjir bandang ini, dikutip dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) disebabkan oleh meluapnya aliran sungai Citarik – Cipeucit yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi.

Diharapkan dengan terlaksananya survey bencana banjir, Rumah Yatim dapat segera menyalurkan bantuan kepada korban bencana dan meringankan beban warga yang terdampak.

 

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend