Cetak Ilmuwan Cilik, TK El Fitra Praktikan Science Project

Science Project merupakan salah satu pelajaran yang membuat para siswa menjadi tahu sebuah eksperimen sederhana baru. Melalui science project, ilmu siswa bertambah, dan mereka bisa belajar sambil bermain sembari berimajinasi menjadi seorang profesor.

Sama seperti di SD, SMP dan SMA El Fitra, pelajaran science projects di TK/Paud pun digelar setiap seminggu sekali.

Science project ini dilaksanakan di ruang sentra bahan alam.

Percobaan sains untuk mereka  disesuaikan dengan tingkatan sekolahnya. Untuk TK/Paud, percobaan sains dilakukan secara sederhana sembari melakukan kegiatan bermain.

Melalui proses sains anak dapat melakukan percobaan sederhana untuk melatih anak berpikir secara logis. Pengenalan sains ini lebih menekankan pada proses dari pada produk.

“Sains lebih asyik dipelajari jika anak dapat mempraktikannya langsung dari pada hanya disampaikan teorinya saja,” ungkap Siti Sukmawati, pengajar science projects TK El Fitra, Sabtu (3/11).

Salah satu percobaan atau eksperimen yang sudah dilakukan anak didik TK/Paud El Fitra adalah gunung meletus, telur yang memantul, lava bergerak, percampuran warna, air pelangi, lilin darurat, permukaan air yang naik, balon race, dan masih banyak lagi.

“Kami ingin mengenalkan sains sejak dini pada mereka, kami ingin memberikan pemahaman pada mereka kalau sains itu menyenangkan dan mudah. Kami ingin menjadikan mereka ilmuwan cilik,” ujar Sukma.

Selain membekali ilmu sains dalam proses pembelajarannya, TK/Paud El Fitra pun membekali dengan pembelajaran berbasis kurikulum nasional, dan diniyah. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dan turut serta mencerdaskan bangsa secara merata dan menyeluruh.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend