Cetak Pemimpin Berkarakter, SMP IT BIU Gelar LDKS

Sebagai upaya mencetak pemimpin berkarakter di masa depan, SMP IT BIU menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di Curug Tilu Leuwi Opat, Kabupaten Cimahi. Kegiatan ini diselenggarakan guna mencari bibit calon pemimpin yang aktif dan berkarakter.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari Kamis hingga Jumat (26-27/10) ini berlangsung meriah. Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan, Endang menuturkan, pada kegiatan ini para peserta didik dilatih tentang cara menjadi seorang pemimpin yang berkarakter dan secara fisik dapat berkoordinasi dengan anggotanya secara solid.

“Kita ingin membentuk jiwa kepemimpinan kepada semua siswa SMP IT BIU. Jadi pemimpin itu bukan hanya memerintah, tapi secara fisik dapat mengondisikan suatu permasalahan dan situasi dengan baik,” terangnya.

Kemudian, sejumlah materi pun turut diberikan kepada para siswa, di antaranya  materi pendidikan karakter, kediniyahan dan kepemimpinan. Adapun peserta didik yang diikutsertakan mulai dari siswa kelas 7 dan 8. Kelancaran dari suksesnya acara tersebut tak lepas dari peran OSIS dan para guru.

Pada LDKS tahun ini, kata dia, partisipasi para guru tidak terlalu aktif berperan, namun hanya membantu. Karena hal ini menurutnya untuk melatih kemandirian para peserta didik agar menjadi manusia yang unggul.

Setelah terselenggaranya acara tersebut, diharapkan ketika berada di luar lingkungan sekolah, para siswa dapat menjalani kehidupannya secara mandiri dan tidak terlalu bergantung pada orang lain. Serta dapat menjadikan calon pemimpin masa depan yang solid.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Powered by

Send this to a friend