Dampak Corona, Kusir Delman di Kelurahan paku Jaya Mulai Terpuruk

Dampak Corona, Kusir Delman di Kelurahan paku Jaya Mulai Terpuruk

Di atas delman itu sejumlah orang menggantungkan hidupnya di jalanan. Mengajak sang kuda untuk tetap berjalan menyusuri jalanan di Kayi Gede, Kelurahan Paku Jaya, Serpong Utara, Tangerang. Kini, kuda dan sang kusir mulai menghela napas karena wabah Corona menghambat aktivitasnya.

Jalanan yang biasanya ramai mulai sepi, hiruk pikuk orang orang mulai lengang. Para kusir delman tersebut kini hanya pasrah sejak pagi hingga petang kadang tidak ada penumpang. Kondisi tersebut membuat para kusir harus pulang dengan tangan hampa.

Sedikitnya di wilayah tersebut ada 9 orang yang menggantungkan hidupnya menjadi kusir delman. Melihat kondisi tersebut Rumah Yatim Regional Jabodetabek turut membantu meringankan beban para kusir tersebut. Hal ini direalisasikan lewat bantuan paket sembako untuk para kusir.

Menurut Relawan Rumah Yatim Jabodetabek Oning, dengan merebaknya wavag Corona sangat dirasakan oleh para kusir. Mulai dari pemasukan yang semakin menurun hingga pembatasan jalan untuk mencari penumpang di sejumlah titik.

“Mereka bisa narik andong tiapa hari dulu sebelum corona, sekarang mulai ada larangan untuk beroperasi di daerah sana,” tutur Oning, Selasa (21/4).

Sejak Corona merebak, kata Oning, pendapatan para kusir delman turun drastis. Bahkan tidak setiap hari memiliki penumpang yang diantarnya. “Jarang yang naik kadang mereka hanya bawa pulang uang 10-20 ribu tapi kadang tidak membawa apa-apa,” imbuhnya.

 

 

Jurnalis ; Calam Rahmat

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend