Dinsos P3A Bantul Adakan Study Banding di Rumah Yatim

Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Barat hadiri kegiatan silaturahmi Dinsos P3A Kabupaten Bantul di Rumah Yatim, Jalan Terusan Buah Batu No. 296, Cijagra, Lengkong, Kota Bandung, Jumat (21/9). Kunjungan ini merupakan bentuk study banding dan silaturahmi Dinsos Kabupaten Bantul kepada Laznas Rumah Yatim.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul Edi Susanto, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Provinsi Jawa Barat Risad Suhendar, Kepala Seksi Pemberdayaan Dinsos Kota Bandung Yayah, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bantul, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Bantul, serta sejumlah panti asuhan di Kabupaten Bantul.

Pada kesempatan sambutannya, Kabid Pemberdayaan Sosial Jawa Barat, Risad Suhendar menyampaikan, pentingnya keberadaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) swasta. Adanya LKS ini, kata dia, sangat mendukung untuk kesejahteraan sosial anak. Terutama, dalam bidang pengasuhan dan pengurusan anak. Bahkan di Jawa Barat sendiri keberadaan LKS sangat nyata dalam mendukung sosial masyarakat.

“Selain itu, permasalahan yang ada di Jabar ialah terkait anak. Salah satunya partisipasi dalam pengurusan anak dan itu bentuk singkronisasi dengan lembaga sosial swasta,” papar Risad.

Ia menambahkan, kunjungan Dinsos Bantul ini sangat tepat dilaksanakan di Rumah Yatim. Hal ini menurut dia, Rumah Yatim merupakan LKSA yang dianggap mandiri dan terakreditasi A. Namun kata dia, sejumlah masukan terkait standar pelayanan dan lainnya masih sangat dibutuhkan untuk kemajuan dan perkembangan.

“Sehingga manfaat berkunjung juga bukan hanya keinginan semata dari Bantul. Tapi juga untuk masukan LKSA di Provinsi Jabar,” tuntasnya.

Risad berharap, hadirnya LKSA ini diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah maupun dalam menciptakan kesejahteraan sosial yang ada.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend