Direktorat Pendidikan Rumah Yatim Akan Gelar Simulasi USBN

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berbasis komputer tahun 2018, Direktorat Pendidikan Rumah Yatim akan menggelar kegiatan simulasi USBN untuk siswa-siswi SD dan SMP se-Kota Bandung.

Kegiatan yang akan digelar pada 12-15 Februari mendatang ini diadakan secara gratis. Adapun untuk teknis pelaksanaannya akan dilaksanakan di sekolah masing-masing pendaftar.

Dalam kegiatan ini, seluruh peserta simulasi akan mengerjakan soal yang mirip dengan soal USBN sesungguhnya. Dimulai dari model dan jumlah soalnya sama, setiap paket harus dikerjakan dalam waktu sesuai waktu USBN. Serta soal dikerjakan pada lembar jawaban komputer (LJK) yang mirip dengan LJK pada USBN.

“Kegiatan ini sangat penting karena bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengetahui kesiapannya menghadapi USBN. Seorang siswa yang pada saat simulasi hasilnya belum memuaskan akan belajar lebih giat lagi agar mendapat nilai yang lebih baik. Sementara bagi mereka yang hasil simulasinya sudah baik akan merasa sedikit lebih tenang dan lebih percaya diri untuk menghadapi USBN,” papar Manajer Pendidikan Nonformal Rumah Yatim Ucu Marlina, Kamis (8/2).

Ia pun menuturkan bahwasannya pendaftaran simulasi ini sudah dimulai pada Kamis (1/2) dan pendaftaran berakhir pada 11 Februari mendatang. Tidak hanya gratis, para peserta pun akan mendapat fasilitas berupa sertifikat bagi tiga orang terbaik dari SD dan SMP, naskah soal + LJK, pemeriksaan LJK dengan DMR dan doorprize.

“Alhamdulillah, sampai hari ini ada sebanyak 2000 peserta dari tingkat SD dan 300 peserta dari tingkat SMP yang sudah mendaftar,” ungkapnya.

Di akhir wawancara, Ucu berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar, juga dapat memberikan manfaat besar untuk para peserta simulasi.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend