Doa Anak Yatim

Dalam Islam, anak yatim merupakan seseorang yang istimewa dan dimuliakan oleh Allah SWT. Dengan begitu, Islam menganjurkan kita untuk menyantuni, merawat, mengasihi dan menyayangi anak yatim.

Anak yatim adalah anak yang ditinggalkan oleh Ayahnya pada saat usianya belum baligh atau dewasa. Di usianya yang masih muda, tentu mereka sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari sosok orang tua.

Untuk itu, Allah SWT memerintahkan kita untuk menyayangi anak yatim. Seperti dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW bersabda :

“Ada seseorang yang datang kepada Rosulullah Saw dan mengeluh kekerasan hatinya. Nabi pun bertanya,”Suka kah kamu jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihanilah anak yatim, usaplah wajahnya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi”

Dalam hadits tersebut menunjukkan bahwa siapapun yang mengasihi dan merawat anak yatim, niscaya akan mendatangkan kebaikan. Jika kita merawat mereka dengan baik, kemudian anak yatim mendoakan kita, maka doa tersebut akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Selain itu, dengan menyayangi anak yatim kita akan mendapat pahala serta ganjaran yang setimpal, baik di dunia maupun di akhirat.

 

 

*Diolah dari berbagai sumber

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend