Dokter Rumah Yatim: Pengobatan Gratis Bantu Masyarakat Kampung Sindangsari

Memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi masyarakat sudah menjadi program rutin yang dijalankan Rumah Yatim Area Jawa Barat. Salah satunya, kegiatan yang baru saja dilaksanakan di Yayasan Al Huda Kalam Ilahi, Kampung Sindangsari No. 39 RT 05 RW 15, Kelurahan Manggahang, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Sabtu (21/7).

Kegiatan yang menjaring seluruh masyarakat di Kampung Sindangsari dan sekitarannya ini mendapat komentar salah seorang dokter dari Rumah Yatim, Ike Ernawati. Apalagi, ia sudah beberapa kali mengikuti kegiatan pengobatan gratis ini. Menurut Ike, kegiatan yang dilaksanakan Rumah Yatim sangat positif dan bagus untuk masyarakat.

“Untuk menjaga masyarakat yang belum tersentuh oleh layanan kesehatan. Apalagi bagi masyarakat di sini (Kampung Sindangsari) yang tidak mempunyai kartu BPJS,” paparnya.

Ia menambahkan, mayoritas masyarakat yang berobat merupakan lansia dan prasejahtera. Sebagian besar mengeluhkan penyakit darah tinggi, kolesterol, dan diabetes. Selain itu, terdapat juga pasien yang terbilang cukup parah dalam segi kesehatannya. Namun, karena jarang bahkan tidak pernah berobat kondisinya semakin parah.

“Melihat kondisinya tidak terkontrol. Padahal seharusnya rutin dalam memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan terdekat,” ujarnya.

Pasalnya, pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kampung Sindangsari berjarak cukup jauh. Apalagi, bagi lansia yang kondisi kurang dari segi fisik. Ditambah lagi, kata Ike, banyak masyarakat di Kampung Sindangsari belum mendapatkan fasilitas pelayanan BPJS. Kegiatan ini, sambung Ike, bagus dilaksanakan. Apalagi target masyarakatnya begitu banyak bukan hanya di pelosok.

“Bagi masyarakat yang sudah lansia sebaiknya rutin memeriksakan diri ke Puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat,” ungkapnya.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-07-23 10:56:07

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat