Dorong Usaha Pedagang Siomay Keliling Lewat Program Ekonomi Produktif

Bantuan ekonomi produktif disalurkan Rumah Yatim Jabodetabek bagi Sidin (46), seorang pedagang siomay keliling. Bantuan tersebut diserahkan tim relawan Rumah Yatim di kediaman Sidin di RT 02 RW 011, Kelurahan Malaka, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (16/7) kemarin.

Menurut relawan Rumah Yatim Jabodetabek, Nurul Fitri, Sidin saat ini tinggal di sebuah kontrakan sederhana seorang diri. Sehari-hari Sidin bekerja sebagai penjual keliling di sekitaran daerah tersebut. Kerja kerasnya sudah dijalani selama delapan tahun untuk membiayai istri dan keenam anaknya di kampung.

“Dari pukul tiga sore Pak Sidin mulai berkeliling sampai pukul 11 malam,” kata Nurul.

Kebutuhan gerobak memang menjadi salah satu hambatan Sidin dalam berjualan. Hal itu dikarenakan kondisi gerobak yang biasa ia pakai sudah lapuk dan kurang enak dipandang. Apalagi ia berjualan makanan siap saji yang mengharuskan setiap wadah dan sarana yang dipakainya enak dilihat.

“Gerobaknya mulai rusak, jadi kesulitan juga bagi Pak Sadin, ada kekhawatiran karena dari sana ia bisa menyekolahkan anak-anaknya,” jelasnya.

Keenam anak Sidin saat ini sedang duduk di bangku sekolah. Kebutuhan biayanya, tambah Nurul, hanya mengandalkan hasil jualan siomay keliling. Bantuan gerobak ini, kata dia, untuk memenuhi kebutuhan harian Sidin dan keluarganya. Salah satunya untuk pendidikan keenam anak Sidin.

“Meskipun Pak Sidin mempunyai penyakit jantung. Tapi tak kenal lelah dan letih. Semangat yang tak pernah pudar dari perjuangan seorang ayah untuk menafkahi keluarga,” ungkap Nurul menggambarkan sosok Sidin.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend