Dukung Bebas ODF Kota Bandung, Rumah Yatim Akan Bangun Sptic Tank di 21 Kelurahan

Dukung Bebas ODF Kota Bandung, Rumah Yatim Akan Bangun Sptic Tank di 21 Kelurahan

Rumah Yatim Area Jawa Barat akan bangun septic tank komunal di 21 Kelurahan yang ada di Kota Bandung. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung program Bebas Open Defecation Free (ODF) yang dicanangkan Pemkot Bandung dan Dinas Kesehatan Kota Bandung belum lama ini.

Menurut pemaparan Manager Rumah Yatim Jabar Hamdani Shaleh, program ini juga untuk mendukung upaya Citarum Harum yang semakin masif dilakukan oleh pemerintah. Pembuatan septic tank diantaranya untuk melindungi anak Sungai Citarum dari limbah kotoran rumah tangga.

“Insyaallah kami akan segera merealisasikannya dalam dekat ini untuk wilayah yang belum bebas buang ait besar sembarangan, tergetnya bisa tercover semua, kami usahakan semaksimal mungkin,” ungkapnya, Sabtu (29/2).

Dari data yang disampaikan Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam rapat Senin (24/2) kemarin, tedapat 180 ribu lebih Kepala Keluarga masih belum memiliki penampungan limbah kotoran rumah tangga. Selain itu, kata Hamdani, gerakan bebas ODF ini dengan pembangunan septic tank sudah berjalan di beberapa kelurahan di Kota Bandung.

“Kami sudah bergerak di beberapa kelurahan seperti di Antapani Wetan dan Cisanranten Kidul,” ucapnya.

Ia menambahkan, program ini akan terus dicanangkan hingga Kota Bandung bebas dari buang air besar sembarangan. Selain itu pula, target lainnya akan terus dimasifkan untuk membantu menangani permasalahan sosial yang ada di Kota Bandung.

“Selain ODF kami pula terus bersinergi dengan Dinsos untuk mengatasi permasalahan kemiskinan yang ada,” tuntasnya

 

 

 

Jurnalis : Calam Rahmat
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend