Dukung Citarum Harum, Rumah Yatim Bangun Septic Tank di Kawasan Gedebage

Dukung Citarum Harum, Rumah Yatim Bangun Septic Tank di Kawasan Gedebage

Rumah Yatim Area Jawa Barat memberikan bantuan pembuatan septic tank komunal di kawasan padat pendudukan RT 01 RW 08 Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Selasa (4/1). Bantuan ini guna mengurangi pembuangan limbah kotoran rumah tangga ke Sungai Citarum.

Menurut Relawan Rumah Yatim Area Jawa Barat Solehudin, kegiatan ini untuk mendukung gerakan Pemkot Bandung guna menurunkan angka Open Defecation Free (ODF) atau buang air besar sembarangan. Hal itu guma mendukung kelancaran program Citarum Harum.

“Kita membantu program yang ada di pemerintah untuk mengurangi limbah kotoran ke sungai,” ujarnya.

Menurutnya, bantaun pembuatan septic tank ini bisa dipergunakan oleh sejumlah keluarga di RT 01. Septic tank komunal ini juga tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap jika pembuatannya dilakukan dengan baik. Pembuatan septic tank komunal ini dilakukan di dua titik di RT 01.

Sementara itu, Ketua RT 01 Endang Kusno merasa terbantu dengan bantuan yang diberikan Rumah Yatim. Karena, bantuan ini sangat bermanfaat bagi keluarga yang belum memiliki penampungan limbah kotoran. Ia juga menyampaikam terimakasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Rumah Yatim.

“Sangat membantu sekali terimakasih, khususnya bagi masyarakat kami,” ungkapnya.





Jurnalis : Calam Rahmat
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend