Dukung Pengembangan TPQ Al Hisyam, Rumah Yatim Beri Bantuan Kemitraan dan Kitab

Dukung Pengembangan TPQ Al Hisyam, Rumah Yatim Beri Bantuan Kemitraan dan Kitab

Bantuan kemitraan dan kitab terus masif diberikan Rumah Yatim Cabang Sumatera Utara. Kali ini, bantuan tersebut disalurkan untuk TPQ Al Hisyam di Dusun VI Gudang Atap, Desa Perkotaan, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Selasa (30/6).

Bantuan diberikan karena TPQ tersebut sedang pembebasan lahan untuk dibuat tambahan ruangan kelas. Namun, belum miliki dana yang cukup, serta kitab yang digunakan sudah mulai rusak. Hal itu diungkapkan Relawan Rumah Yatim Sumut, Lia.

Ia menambahkan, kapasitas anak bertambah banyak, namun TPQ hanya punya dua kelas dengan ukuran 13 x 4 meter. “Jadi Ustadz Mukhlis sebagai pendiri TPQ sedang mengusahakan mencicil membeli lahan untuk pengembangan,” ujarnya.

Lia mengungkapkan, iuran di TPQ ini berbasis infak. Jadi, tidak ada patokan khusus iuran yang harus dibayar orangtua anak. Sebab, kebanyakan orangtuanya termasuk ekonomi kelas menengah ke bawah.

“Mayoritas orangtua anak berpenghasilan rendah, mata pencahariannya buruh serabutan, petani, dan nelayan,” papar Lia.

Diketahui, TPQ Al Hisyam didirikan pada tahun 2015. Kini, jumlah muridnya sekitar 80 anak, dengan jumlah 5 pengajar. Bahkan, kata dia insentif guru tergantung dari jumlah infak yang didapat. “Tidak menentu, sekitar 200-400 ribu rupiah perbulan,” katanya.

Ada beberapa program di TPQ Al Hisyam, yaitu hafidz Quran, tahsin, tilawah, tim shalawat, dan tim drama. “TPQ ini juga sering mengikuti kompetisi dan rata-rata peserta mendapat juara, mulai dari pembacaan Alquran, shalawatan, dan lainnya,” lanjutnya.

Lia berharap, bantuan yang Rumah Yatim berikan bisa bermanfaat untuk keberlangsungan TPQ Al Hisyam. Agar anak yatim dan dhuafa bisa terus belajar dan mengaji. “Semoga mereka terus berprestasi dan jadi anak sholeh sholehah,” pungkasnya.

 

 

 

Penulis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend