Dukung Progam Bebas ODF, Septic Tank Akan Dibangun di Cisaranten Endah

Dukung Progam Bebas ODF, Septic Tank Akan Dibangun di Cisaranten Endah

Relawan Rumah Yatim Jawa Barat Solehudin, didampingi Lurah Cisaranten Endah Jajang Kurnia melakukan survei ke lokasi titik pembuatan septic tank komunal di RT 06 RW 11, Kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Senin (2/3) lalu. Pembuatan septic tank merupakan upaya penanganan bebas Open Defecation Free (ODF) di Kota Bandung.

Solehudin mengatakan, hal ini menindaklanjuti masih banyaknya warta Cisaranten Endah yang belum memiliki penampungan kotoran rumah tangga. Ditambah lagi, saat ini warga tersebut membuang dan mengalirkannya ke sungai yang berada di kawasan tersebut.

“Perilaku tersebut akan coba kami rubah dengan program ini, mudah mudahan bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, nantinya satu titik yang akan ditentukan kali ini menjadi contoh bagi RW lainnya di Cisaranten Endah. Rencananya, titik yang sudah ditentukan ini akan digunakan oleh sekitar tujuh keluarga.

“Dari data yang ada nantinya ini bisa difungsikan untuk mereka yang masih belum memiliki penampungan, nanti akan diarahkan alirannya kesini,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama pula selaku pihak pemerintah, Jajang berharap bantuan yang diberikan Rumah Yatim bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warganya. Khususunya agar tidak kembali membuang kotoran rumah tangga ke aliran sungai. Selain mencemari, hal itu pula dapat menyebabkan keberlangsungan kesehatan yang tidak baik.

“Untuk prosesnya nanti pihak RT atau RW tinggal koordinasi teknis dan lainnya sudah bisa berjalan besok atau secepatnya,” pungkasnya

 

 

 

 

Jurnalis : Calam Rahmat
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend