Dukungan untuk Desi, Gadis Tangguh yang Tetap Semangat Belajar Meski Dalam Keterbatasan

Rumah Yatim Area Jabodetabek salurkan bantuan pendidikan untuk Desi pada hari Sabtu (17/4) lalu. Bantuan diberikan kepada Desi di kediamannya di wilayah Kelurahan Cikeas Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kota Bogor, Jawa Barat.

Desi kini berada di kelas 9 SMP, ia dan kedua orang tuanya tinggal dibangunan yang belum rampung dibangung, hanya beratap terpal sederhana untuk melindungi mereka dari hujan. Desi dan keluarga terpaksa tinggal dibangunan tak selesai ini karena tak mampu membayar biaya bangunan sebelumnya yang mereka kontrak.

Ayah Desi hanya seorang buruh harian lepas dengan penghasilan yang tak menentu, sedangkan sang ibu hanya seorang buruh cuci dan setrika. Mengetahui kondisi kedua orang tuanya, Desi pun tak hanya tinggal diam, sambil bersekolah, ia pun ikut bekerja menjadi pembantu rumah tangga di wilayah sekitar tempat tinggalnya. Hal ini ia lakukan untuk membantu perekonomian kedua orang tuanya.

Ketika teman-teman seusianya dapat bersekolah dengan tenang, Desi harus bekerja ekstra untuk dapat bersekolah. Ijazah SD Desi pun hingga kini belum dapat diambil karena ia belum melunasi tunggakan SPP sekolahnya. Hingga kini ia berada di kelas 9 SMP pun ia hanya memiliki 1 pasang seragam sejak ia baru masuk sekolah.

Kala pandemi dan sistem sekolah daring diberlakukan, Desi pun kembali menghadapi cobaan besar. Kerap kali ia haru ketinggalan materi pelajaran serta tak bisa mengikuti ujian karena tak memiliki telepon genggam untuk mengakses pelajaran sekolah. Desi harus mengunjungi rumah teman-temannya untuk sekedar meminjam telepon genggam mereka agar dapat mengikuti kegiatan sekolah.

“Kalau teman-teman saya sedang pergi ya berarti saya tidak bisa ikut pelajaran sekolah”, terang Desi.

Berkat bantuan Rumah Yatim, Desi kini dapat menjalani pendidikannya dengan lebih tenang. Kini tak perlu lagi ia berkunjung ke rumah temannya untuk meminjam telepon genggam mereka, karena Desi sudah dibelikan telepon genggam pribadi dari Rumah Yatim.

“Selain fasilitas HP, kami juga secara rutin salurkan bantuan pendidikan berupa beasiswa untuk sekolah Desi”, terang Ali Ridwan, relawan Rumah Yatim.

Ali juga berharap bantuan yang disalurkan dapat memberikan semangat untuk Desi menggapai cita-cita menjadi seorang perawat dan membanggakan kedua orang tua.

“Alhamdulillah Desi sangat senang menerima bantuan ini, semoga para donatur diberikan balasan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT”, tutup Ali Ridwan.

Penulis; Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend