Edukasi Mitigasi Bencana untuk Anak di Labura, Guna Lebih Sigap dan Tanggap Hadapi Bencana

Edukasi Mitigasi Bencana untuk Anak di Labura, Guna Lebih Sigap dan Tanggap Hadapi Bencana

Kegiatan edukasi mitigasi bencana untuk anak-anak yang dilaksanakan Rumah Yatim bersama berbagai komunitas dan lembaga lainnya di Labuhan Batu Utara (Labura), pada Kamis (16/1) lalu, sebagai bentuk refleksi. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar masyarakat Dusun Siria-ria bangkit kembali serta lebih tangguh, mandiri, dan tanggap dalam menghadapi bencana.

Kepala Cabang Rumah Yatim Sumatera Utara, Dasep mengatakan, sebab bencana bisa datang kapan saja dan di mana saja. Hal ini juga sebagai upaya peningkatan dalam meminimalisir resiko bencana yang mungkin bisa terjadi kembali.

“Anak-anak perlu mendapatkan perhatian lebih soal mengantisipasi datangnya bencana alam semisal banjir, gempa bumi, gunung meletus dan sejenisnya. Alasannya sederhana, anak-anak dan lansia merupakan kelompok yang rentan menjadi korban saat terjadinya bencana alam,” paparnya.

Penyampaian soal antisipasi bencana terhadap anak-anak ini, sambung dia, dilakukan dengan bahasa tutur agar mudah dimengerti. Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat membuat anak-anak di Labura kembali ceria dan semangat. Serta ke depannya anak-anak lebih siap siaga dan tanggap dalam menghadapi bencana alam.

“Ya, dengan bercerita atau mendongeng, mengajak bermain, dan belajar dengan tema budaya sadar bencana atau mitigasi bencana,” Pungkas Dasep.

Penulis : Anjar Martiana
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend