Fadli, Penderita Limfedema Berhasil Jalani Operasi Tahap Kedua dan Kini Masuki Masa Pemulihan

“Fadli sudah selesai operasi tahap kedua,  yaitu untuk pengurangan jumlah cairan dan lemak di lengan kirinya, Alhamdulillah semua berjalan lancar,” ungkap Relawan Rumah Yatim Area Jawa Barat, Permana, yang mendampingi Fadli di Rumah Sakit Ortophedi Dr. Soeharso, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Ia mengatakan, kini Fadli Nurdiansyah Ramadhan (11) penderita Limfedema Ekstremitas Suspensi Sinitra itu sedang menjalani masa pemulihan pasca operasi. Pemulihan ini guna memastikan operasi yang dijalani kemarin tidak ada efek samping dan tidak mengalami gangguan fungsi anggota tubuh yang lainnya.

“Sekarang, dari tim dokter masih mengontrol dan melakukan pemeriksaan pasca operasi kepada Fadli. Hal itu untuk memastikan keadaan pasien baik-baik saja. Alhamdulillah Fadli sudah bisa diajak komunikasi dan kondisi tubuhnya dalam keadaan normal,” tuturnya.

Permana menyebut, operasi tahap kedua yang dijalani Fadli memakan waktu sekitar 8 jam, dimulai pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore, pada Rabu (9/9). Harapannya, kata dia, hasil operasi dapat terlihat hasilnya dan ukuran lengan kiri Fadli kembali normal.

Pasalnya, Fadli mengalami kelainan penyumbatan saluran kelenjar getah bening sejak kecil. Yang mana seharusnya cairan tersebut bersirkulasi jadi tersumbat sehingga terjadi penumpukan cairan di lengan kirinya. Akibatnya, lengan kiri Fadli mengalami pembengkakan.

Sebelumnya, Fadli sudah menjalani operasi tahap pertama pada Maret 2020 lalu di rumah sakit yang sama. Menurut Kasi Pemberdayaan Rumah Yatim Area Jabar, Solehudin, operasi memang harus dilakukan secara bertahap. “Pada operasi pertama itu hanya fokus di pergelangan tangan saja, sedangkan operasi kedua ini pergelangan tangan hingga sikut,” paparnya.

Rumah Yatim sebagai pendamping Fadli mencoba untuk terus memberikan yang terbaik. Ia berharap, pasca operasi Fadli bisa kembali beraktivitas seperti anak seusianya. “Mudah-mudahan Fadli bisa terus menjalani tahap pengobatan selanjutnya hingga benar-benar sembuh. Terima kasih kepada para donatur yang telah berkontribusi memberikan bantuan untuk Fadli,” tutupnya.


Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend