Faisal: Pengobatan Gratis Rumah Yatim Bantu Kesehatan Masyarakat Purasari

Jarak yang cukup jauh untuk akses fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, menjadi salah satu kendala tidak terkontrolnya kesehatan masyarakat Desa Purasari. Saat mengikuti kegiatan pengobatan gratis di Kantor Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Kamis (25/4), masyarakat banyak mengeluhkan kondisi kesehatannya.

Menurut salah satu dokter pada kegiatan ini, Faisal, sejumlah penyakit kronis ada pada masyarakat saat memeriksakan diri di kegiatan pengobatan gratis. Di antaranya ia menemukan banyaknya yang menderita darah tinggi, dan kencing manis. Temuan itu, kata dia, karena masyarakat sangat jarang dan tidak pernah kontrol ke rumah sakit.

Ia mengungkapkan, kendala lainnya ialah masyarakat tidak ada yang memiliki BPJS gratis yang diberikan pemerintah. Hal itu juga menambah rawannya kondisi masyarakat yang daerahnya sangat jauh dari rumah sakit tersebut. Namun, kata dia, dengan adanya kegiatan pengobatan gratis Rumah Yatim ini bisa membantu permasalahan tersebut.

“Masyarakat di sini perlu pengobatan gratis seperti ini, karena memang masyarakat rata-rata tidak memiliki BPJS yang gratis itu,” paparnya.

Selain itu, kata Faisal, kegiatan pengobatan gratis bisa terus dijalankan oleh Rumah Yatim. Agar, masyarakat tercukup dalam segi kesehatannya. Namun, di sisi lain ia juga sudah memberikan edukasi kepada masyarakat untuk terus menjaga kesehatannya.

“Kegiatan ini bagus, masyarakat cukup antusias mengikuti kegiatan pengobatan gratis ini, mereka bisa berobat apalagi dengan jaraknya yang cukup jauh, mereka sangat terbantu sekali,” kata Faisal.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend