Fasilitas Belum Memadai, Rumah Quran Kholilurrahman Jadi Mitra Rumah Yatim

Fasilitas Belum Memadai, Rumah Quran Kholilurrahman Jadi Mitra Rumah Yatim

 

Rumah Quran Kholilurrahman berdiri sekitar satu bulan lalu, atas inisiatif Ahmad Herlina. Ia bersama kelima rekannya secara sukarela menyelenggarakan pendidikan Alquran bagi anak yatim dan dhuafa di tempat tersebut, yang berlokasi di Jalan Panjatan, Banjar Anyar, Balappulang, Kabupaten Tegal.

Latar belakang didirikannya Rumah Quran ini, sebab banyak anak di desa itu yang belum bisa baca tulis Alquran. “Kurangnya kesadaran orangtua terhadap pendidikan agama anaknya, dan membiarkan anaknya tidak bisa baca Alquran,” kata Kepala Cabang Rumah Yatim Tegal, Jajang Khoeruman, Minggu (21/6).

Walau baru satu bulan berjalan, berdirinya Rumah Quran tersebut mendapat antusias dari masyarakat setempat. “Sudah ada sekitar 60 murid anak-anak, 25 pemuda, dan 40 lansia,” tuturnya.

Kegiatan belajar Alquran untuk anak-anak dan lansia, tambah dia, dilaksanakan setiap pagi. Sedangkan, untuk pemuda dilaksanakan setelah shalat isya.

“Sebetulnya banyak masyarakat yang sudah bisa baca Alquran, tapi hampir 80 persen kurang tahu tajwidnya,” ungkapnya.

Harapannya, kata dia, dengan adanya Rumah Quran ini banyak masyarakat yang lebih paham lagi dan semakin cinta Alquran. Namun, karena belum mempunyai dana yang cukup, sehingga mereka belum memiliki fasilitas penunjang.

“Baru buka sekitar satu bulan, jadi belum punya fasilitas yang memadai. Bahkan mereka hanya punya papan tulis seadanya dan tidak punya meja belajar.

Oleh karena itu, Rumah Yatim Cabang Tegal menjadikan Rumah Quran sebagai mitra. Adapun bantuan yang diberikan berupa karpet, Alquran, dan Iqra. Hal ini sebagai upaya Rumah Yatim mendukung pembelajaran Alquran bagi masyarakat setempat. “Semoga manfaat dan berkah,” tutupnya.

 

Penulis : Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend