FOZ Gandeng Rumah Yatim Salurkan Ribuan Bantuan Bagi Korban Gempa Lombok

Gempa bumi yang mengguncang Lombok pada 29 Juli 2018 meninggalkan sejumlah pilu. Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah relawan tergugah untuk memberikan bantuan kepada para korban. Salah satunya yang digalang oleh Forum Zakat (FOZ) wilayah Bali dan Nursa. Lewat gerakan peduli gempa Lombok, FOZ wilayah Bali Nursa menggandeng belasan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas). Salah satunya yang terlibat dalam kegiatan ini ialah Rumah Yatim.

Menurut infografik dan data yang didapatkan jurnalis Rumah Yatim pada Jumat (3/8), penyaluran bantuan tersebut FOZ memberikan ribuan bantuan kepada korban gempa. Bantuan tersebut secara langsung disalurkan oleh puluhan relawan dari Laznas yang terlibat. Sedikitnya sebanyak 46 relawan diturunkan secara langsung ke lapangan. Hal ini, guna meninjau lokasi korban gempa dan memberikan bantuan agar tepat sasaran.

Tiga wilayah yang menjadi pusat penyaluran bantuan di antaranya, Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, dan Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur. Pasca gempa tersebut sebanyak 17 orang dinyatakan meninggal dunia. Di samping itu, 401 jiwa luka-luka akibat gempa tersebut. Bahkan, tidak kurang dari 5.141 jiwa saat ini mengungsi pasca gempa dengan kekuatan 6,4 skala richter mengguncang Lombok.

Untuk mengatasi dan memberikan dorongan kepada para korban gempa, Rumah Yatim menjadi satu dari belasan Laznas yang memberikan ribuan bantuan. Bantuan yang disalurkan menurut data dari FOZ eilayah Bali Nursa meliputi tenda dan selimut, paket makanan dan minuman, ambulance, layanan kesehatan, serta dapur umum bagi korban gempa. Bantuan tersebut disebar ketiga wilayah di atas.

Sebanyak 5000 bahan makanan dan 1000 buah pakaian serta 20 kebutuhan papan disalurkan kepada korban gempa di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Sedangkan, 9000 bahan makanan, 2500 buah pakaian, serta 45 kebutuhan papan menyasar korban gempa di Kecamatan Sembulan Kabupaten Lombok Utara. Untuk korban gempa di Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Utara mendapatkan 5000 bahan makanan, 1500 buah pakaian, dan 35 kebutuhan papan.

Namun, dari seluruh bantuan tersebut data FOZ wilayah Bali Nursa menunjukan masih banyak kebutuhan darurat bagi para korban gempa. Bahkan wilayah Lombok Utara masih membutuhkan tambahan bantuan. Di samping itu, kebutuhan lainnya yang mendesak ialah makanan bayi, paket perlengkapan mandi, serta perbaikan fasilitas umum dan ibadah. Kejadian gempa tersebut juga sedikitnya telah meluluhlantahkan 45 toko atau kios, 1815 rumah rusak, 16 fasilitas ibadah rusak, serta dua buah jembatan rusak.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-08-03 11:22:52

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend