Gempa 7,0 SR Kembali Guncang Lombok dan Sekitarnya, Masyarakat Histeris

Gempa bumi kembali mengguncang Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut informasi yang diperoleh jurnalis Rumah Yatim dilansir dari situs BMKG, gempa berkekuatan 7,0 SR kembali mengguncang  kawasan Lombok dan sekitarnya, dengan pusat gempa 30 KM Timur Laut Lombok Timur NTB, pada kedalaman 10 KM terjadi pada Minggu (19/8) pukul 21.56 WIB dan tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa tadi malam dirasakan keras di wilayah Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Lombok Barat dan Kota Mataram selama 5 hingga 10 detik. Saat insiden terjadi, masyarakat panik dan langsung berhambur keluar dari rumah maupun pengungsian. Bahkan sebagian masyarakat dikabarkan histeris karena merasakan guncangan keras.

Dilansir dari situs BNPB yang diupdate pada Senin (20/8) pukul 00.01 WIB, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan akibat gempa, kondisi penerangan di wilayah Lombok mengalami padam dan komunikasi mati. Sehingga kondisi gelap gulita menyulitkan tim dalam memeroleh informasi dampak gempa.

Berdasarkan informasi yang diperoleh jurnalis Rumah Yatim dari situs BNPB, aparat gabungan di Lombok Timur belum dapat memastikan jumlah korban jiwa dan kerusakan. Gempa susulan masih terasa, masyarakat mengamankan diri dan di evakuasi di lapangan yang jauh dari bangunan.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat