Gita Putri Khasanah (8), pengidap hidrosepalus jalani terapi perdana. Terapi ini guna mengembalikan fungsi organ gerak pada tubuh Gita. Terapi dilakukan di RSUD Al Ihsan, Baleendah, Kabupaten Bandung, Jumat (23/3). Kegiatan ini pula didampingi tim kesehatan Rumah Yatim.

Menurut pemaparan salah seorang dari tim Kesehatan Rumah Yatim Zulfa Hakimah, terapi perdana ini dijalani Gita, setelah hampir lima hingga enam tahun tertunda. Hal ini, kata dia, tertundanya terapi sebelumnya karena Gita sering demam saat jelang terapi. Namun, saat Rumah Yatim mendampingi serta setelah beberapa kali konsultasi ke dokter spesialis fisioterapi. Gita kembali menjalani terapi.

“Permulaan Gita baru melakukan teknik relaxasi dulu dengan fungsi pelemasan otot-otot dikarenakan ototnya kaku,” ujarnya.

Ia menambahkan, otot yang kaku itu akibat dari kurangnya mobilitas Gita selama beberapa tahun ini. Karena, Gita hanya tidur dan berbaring, yang mengakibatkan otot Gita kaku dan memendek. Selain itu, kata Zulfa, untuk kasus Gita adalah kasus terlambat penanganan. Akan tetapi, kata dia, tim kesehatan dari Rumah Yatim dan pihak keluarga akan selalu melakukan upaya agar Gita bisa mendapatkan pengobatan secara maksimal.

Selain medapatkan terapi di rumah sakit, Gita pula dianjurkan untuk melakukan hal yang serupa saat berada di rumah. Hal ini, kata Zulfa, agar proses kesembuhan untuk Gita bisa semakin cepat. Selain itu, Gita pula harus membiasakan diri untuk posisi setengah duduk.

“Bisa dilakukan dengan disanggah di badan ataupun duduk dengan posisi nyaman di kursi roda khusus,” paparnya.

Sebelumnya, Rumah Yatim pun memberikan kursi roda khusus bagi Gita. Hal ini, guna mendukung kesembuhan dan aktivitas Gita. Apalagi, saat ini Gita sedang menjalani terapi untuk penormalan gerak tubuhnya.

“Alhamdulillah hari ini Gita lancar dalam fisioterapi, tubuhnya tidak ada penolakan seperti dulu, dan insya Allah akan terus dilanjutkan ke tahap-tahap fisioterapi selanjutnya,” tutup Zulfa, kepada jurnalis Rumah Yatim, melalui pesan singkat.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-03-26 15:15:30

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat