Guna Ketahui Kualitas Hafalan, SMP IT BIU Gelar Ujian Tahfidz

SMP IT Bina Insan Unggul (BIU) kembali mengadakan imtihan (ujian tahfidz) yang diikuti seluruh anak didiknya. Kegiatan ini digelar di Aula SMP IT BIU sejak Rabu (14/11) sampai Kamis (15/11).

Dipaparkan Septian Yudhi selaku Ketua Pelaksana Imtihan, kegiatan ini diikuti sebanyak 160 siswa dari kelas 7 sampai kelas 9. Sedangkan untuk teknis yang digunakan imtihan tahun ini sama dengan tahun sebelumnya.

“Teknis ujiannya sama seperti tahun sebelumnya yakni dilakukan tes di dalam suatu ruangan. Para siswa diinstruksikan untuk memilih dan melafalkan salah satu surat Alquran wajib yang sudah disediakan. Setelah itu para peserta diinstruksikan untuk melanjutkan surat, meneruskan penggalan ayat dan tebak nama surat,” tambah Yudhi, Kamis (15/11).

Selain harus memperhatikan empat hal tersebut, peserta pun harus memperhatikan teknik tahsin dan tajwid ketika membacakan ayat Alquran. Bagi peserta yang lolos melewati keempat tantangan tersebut, maka peserta sudah siap di wisuda.

“Alhamdullillah semua peserta mampu menyelesaikan tantangan penguji dengan baik, di antara mereka sudah mampu menghafal sebanyak satu juz sampai enam juz,” ujar Yudhi.

Ia pun mengatakan, tujuan dari imtihan ini ialah untuk mengetahui kualitas hafalan anak didiknya, juga memacu para siswa untuk konsisten dan semangat menghafal Alquran. Sehingga tertanam dalam jiwanya bahwa menghafal Alquran bukan untuk dihafal saja, tetapi agar mereka lebih dekat dengan Alquran.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend