Wajah ceria Haikal (13) sedang redup. Ia merupakan anak asuh Rumah Yatim Kedaton Lampung. Pasalnya, anak yang dikenal ceria dan sedikit jahil ini telah divonis menderita leukemia mielositik kronis alias chronic myelogenous leukemia (CML). Di mana sumsum pada tulang belakang justru memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal dalam jumlah terlalu banyak. Penyakit ini telah membuat Haikal sering merasa pusing, kelelahan, sesak nafas, mimisan, perut membesar dan berkurangnya nafsu makan.

Penyakit ini pertama kali dirasakan Haikal di saat momen lebaran. Ketika itu ia sedang berada di kediaman kakaknya di wilayah Talang Tembesu, Kec. Menggala, Kab. Tulangbawang, ia merasa sesak nafas. Mengetahui hal tersebut, kakak Haikal langsung menghubungi Kepala Asrama Rumah Yatim Kedaton, Hendi, untuk meminta bantuan.

Tak berpikir panjang, Hendi pun langsung bergegas pergi ke kediaman kakak Haikal dan langsung membawanya ke rumah sakit terdekat untuk memeriksakan anak asuhnya tersebut. Di sana Haikal mendapat pelayanan medis, di antaranya cek darah dan rontgen. Ia pun sempat dirawat selama dua hari. Dikarenakan pihak rumah sakit belum menemukan jenis penyakit Haikal. Akhirnya pihak Rumah Sakit merujuk Haikal untuk diperiksa di Rumah Sakit Urip Sumoharjo, salah satu rumah sakit besar di Bandar Lampung.

Di sana Hendi menemukan titik terang. Setelah mendapat berbagai pelayanan medis, akhirnya Haikal divonis menderita leukemia mielositik kronis alias chronic myelogenous leukemia (CML).

Mengetahui hal tersebut membuat hati Hendi seakan teriris, ia tak tega melihat Haikal yang masih kanak-kanak mesti menanggung beban berat ini. “Saya memberitahukan hal ini pada Haikal meskipun saya tidak tega. Saya terus memotivasi dia supaya dia bersemangat untuk melawan penyakit dan untuk sembuh. Bahkan saya pun mengajak dia berkeliling ruangan di rumah sakit sembari memberitahukan dia bahwa tidak hanya dia yang sakit, masih banyak anak yang juga menderita berbagai penyakit, namun mereka tetap bersemangat,” paparnya.

Agar Haikal mendapat pelayanan medis yang lebih maksimal, pihak rumah sakit merujuk Haikal untuk dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. “Saat ini kami sedang mengurus BPJS untuk Haikal, kami dari Rumah Yatim akan melakukan berbagai cara untuk menyembuhkan Haikal, agar ia bisa ceria kembali,” pungkasnya.

 

Di tulis oleh : Sinta Guslia Pada tanggal 2018-07-15 19:31:13

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat