Hampir Roboh, Rumah Idem Direnovasi Rumah Yatim

Rumah Idaman mungkin yang diharapkan oleh Idem (65) dan anak bungsunya yang mengidap keterbelakangan mental. Namun hal itu berbanding terbalik dengan kondisi rumah yang saat ini dihuni mereka di Desa Sukaseneng, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang.

Bangunan tidak permanen yang berdiri hampir roboh tersebut menjadi satu-satunya tempat berteduh Idem dan anaknya. Bilik bambu yang mulai usang dan berlubang sudah mulai tidak kuat menahan dinginnya malam. Bahkan kayu penyanggah mulai lelah karena lapuknya usia.

Menurut pemaparan Relawan Rumah Yatim Jabodetabek, Ali Ridwan, kondisi rumah Idem sudah sangat tidak layak untuk dihuni. Melihat bangunan tersebut, hanya menunggu waktu untuk roboh dan rata dengan tanah. Walaupun, kata dia, sebelumnya pernah ada perbaikan akan tetapi seiring berjalannya waktu dan kondisi ekonomi tidak ada renovasi kemudian.

“Sempat diperbaiki, tapi saat ini kondisinya sangat memprihatinkan,” ujarnya, Kamis (28/11).

Saat ini, proses renovasi atau perbaikan lewat program Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) untuk Idem tengah dilakukan Rumah Yatim Regional Jabodetabek. Rencananya, sambung Ali, bangunan semi permanen akan dibuatkan untuk Idem agar lebih nyaman untuk ditinggali. Proses pengerjaan sendiri, saat ini telah mendapat persetujuan pemerintahan setempat.

“Kita akan bantu renovasi menjadi lebih nyaman dan layak digunakan, karena saat ini sudah mau roboh,” jelas Ali.

 

 

 
Jurnalis: Calam Rahmat
Redaktur: Anjar Martiana

Related posts

Leave a Comment

Open chat