Harapan Pasca Operasi, Otak Ayu Dapat Ruang untuk Tumbuh

Ayu balita dua bulan penderita hidrosefalus siap untuk dioperasi, pada Rabu (10/4) pukul 11.00 WIB. Hal itu disampaikan oleh Dokter Bedah Saraf, Bilzardy Ferry Zulkifli saat ditemui tim medis Rumah Yatim, Selasa (9/4) di Rumah Sakit Melinda 2, Kota Bandung.

“Kita akan melalui tindakan operasi, di mana nanti kita akan melakukan pemasangan selang untuk mengalirkan cairan yang ada di kepalanya. Kemudian nanti akan kita alirkan dari selang yang terpasang di kepala melalui kulit lalu akan mengalir ke perut,” jelas Bilzardy.

Selanjutnya, sambung dia, tim bedah saraf  akan berusaha mengalirkan cairan yang menumpuk di kepala Ayu melalui pemasangan selang (VP Shunt). Hal ini dilakukan dengan harapan pasca operasi otaknya bisa mendapat ruang untuk tumbuh dan berkembang.

Menurutnya, sejak lahir Ayu sudah mengalami penumpukan cairan di kepalanya. Hal itu dibuktikan dengan hasil CT Scan bahwa terdapat hidrosefalus konginetal. Adapun kemungkinan risiko yang terjadi pasca operasi, kata dia, yang pertama karena operasi ini pemasangan benda asing. Maka ada risiko infeksi. Risiko kedua akan ada penyumbatan, yang bisa terjadi di kepala atau perut.

Pemasangan selang ini bisa mengurangi volume cairan yang ada di kepalanya. “Tapi hal itu kembali lagi kepada risiko, risiko itu bisa terjadi bisa tidak. Kita berharap mudah-mudahan dapat berhasil dan lancar. Meskipun semuanya tidak ada yang bisa memastikan pasti sembuh atau kembali normal, tapi kita sebagai manusia hanya bisa berusaha,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend