Hermonedi, Penjual Sapu Keliling di Pekabaru Terima Bantuan Ibnu Sabil

Rabu (25/11) lalu, Rumah Yatim Cabang Riau menyalurkan program bantuan Ibnu Sabil kepada Hermonedi (60) di kediamannya Jalan Kartini, Kelurahan Sumahilang, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau.

Kontrakan kediaman Hermonedi hanya ditinggalinya sendiri, karena hingga kini ia belum berkeluarga. Dalam kesehariannya, ia memulai hari dengan berangkat ke pasar untuk membeli sapu setelah usai menunaikan ibadah shalat subuh. Sapu-sapu yang ia beli lalu ia jual dengan berkeliling menggunakan sepeda di sekitar Jalan Ronggo Warsito dari pagi hingga petang.

Penghasilan Hermonedi pun tak menentu, jika sapu yang ia bawa habis terjual, ia bisa mendapatkan Rp.30.000,- hingga Rp.40.000,- per harinya. Namun, ditengah kondisi pandemi ini, ia hanya mampu menjual 1 hingga 5 sapu per harinya, bahkan di beberapa waktu tertentu, sapunya tidak terjual sama sekali.

“Dulu saya suka berjualan buah potong keliling juga. Kalau sekarang ya jualan sapu. Di kondisi ini kalau sedang baik bisa laku 4 sampai 5 buah, tapi kalau sedang buruk ya hanya 1, atau tidak ada sama sekali”, terang Hermonedi.

Tiap bulannya, Hermonedi pun harus menyediakan uang sebesar Rp.600.000,- untuk membayar kontrakan tempat ia tinggal. Hal ini sulit ia penuhi dengan penghasilannya yang tak menentu.

“Alhamdulillah, untuk bayar kontrakan kadang dibantu saudara saya jika penjualan sedang sepi”, lanjut Hermonadi.

Program bantuan ibnu sabil yang disalurkan kepada Hermonadi merupakan bentuk kepedulian Rumah Yatim atas kesejahteraan sesama.

“Mudah-mudahan bantuan yang diberikan bisa sedikit meringankan beban Pak Hermonadi. Ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada Rumah Yatim dan Donatur atas bantuan yang ia terima”, tutup Hilman, Relawan Rumah Yatim.

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend