Hidupi Ketiga Cucunya Seorang Diri, Rusna Sedih Penghasilannya Menurun Drastis Akibat Pandemi

Di usia senjanya, Rusna (77) harus mengurusi ketiga cucunya seorang diri. Ia menghidupi cucunya itu dari hasil berjualan batu yang dirinya cari dari sungai. Namun semenjak pandemi Covid-19, pembeli batu sudah jarang. Hal itu membuat penghasilannya menurun drastis.

Hal tersebut ia sampaikan ketika Rumah Yatim Cabang Nusa Tenggara Barat mengunjungi kediamannya di Jl. Gili Meno Marong Jamaq Selatan, Kel. Karang Baru, Kec. Selaparang, Kota Mataram, pada Rabu (16/9). Rusna tak kuasa menahan tangis, sebab ia tak tahu harus mencari uang ke mana lagi untuk menghidupi ketiga cucunya itu.

Apalagi, kata dia, ketiga cucunya butuh perhatian khusus, tidak seperti anak pada umumnya. Kedua cucunya tidak bisa berjalan sejak lahir, sedangkan satu cucunya mengalami gizi buruk. Ia mengaku sedih karena tak bisa mengandalkan siapa-siapa.

Pasalnya, suami Rusna telah lama meninggal dunia. Serta anak Rusna yang juga ibu dari ketiga cucunya itu meninggal dunia 12 tahun lalu akibat tabrakan. Sedangkan, ayah dari ketiga cucunya memilih menikah lagi dan tidak bertanggung jawab atas anak-anaknya tersebut. Rusna kini hanya berjuang sendirian demi cucunya itu.

Melihat kondisi itu, Rumah Yatim Cabang NTB memberikan bantuan biaya hidup bagi Rusna. Relawan Rumah Yatim yang turut mengunjungi kediamannya, Maria Ulfa mengaku sangat prihatin dengan keadaan Rusna dan cucunya.

Harapannya, kata dia, Rusna bisa terus berjuang dan tak pernah putus asa. Walau ujian ini begitu berat, tapi ada Allah yang senantiasa menolong hamba-Nya. “Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban ibu Rusna, agar bisa menafkahi ketiga cucunya,” kata Ulfa.

Ia juga berharap, pandemi segera berakhir, supaya Rusna bisa berpenghasilan normal kembali dan bisa mencukupi kebutuhan cucunya. Selain Rusna, ada puluhan lansia prasejahtera lainnya di Kota Mataram yang mendapat bantuan Rumah Yatim.

Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend