Ikhsan, Bocah Penganyam Sangkar Burung Terima Bantuan Pendidikan

Bantuan perlengkapan sekolah dan biaya pendidikan disalurkan Rumah Yatim Cabang Yogyakarta, melalui program Beasiswa Pendidikan yang diperuntukkan bagi dhuafa dan anak yatim.

Kali ini, bantuan tersebut diberikan kepada Ikhsan (9), warga yang tinggal di kawasan Gunungmojo, Desa Argasari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ikhsan merupakan anak yatim yang kesehariannya bekerja sebagai buruh anyam sangkar burung. Ia ditinggal sang Ayah saat masih berusia 8 bulan, karena mengalami kecelakaan kerja.

Meski masih duduk di bangku kelas 4 SD, namun kondisi perekonomian keluarga membuat Ikhsan harus bekerja agar bisa membantu sang Ibu memenuhi kebutuhan sehari-hari serta biaya pendidikannya.

Dari pekerjaan tersebut, Ikhsan diupah Rp 13.000,- per kurungan. Karena rumit, Ia dan ibunya hanya mampu menyelesaikan 2 kurungan dalam sehari.

Untuk biaya dan perlengkapan sekolah Ikhsan, sang Ibu menyisihkan Rp 3.000,- dari upah setiap 1 sangkar burung yang telah diselesaikan.

“Jadi kemarin dikasih bantuan perlengkapan sekolah seperti sepatu dan uang saku untuk biaya pendidikan,” terang Relawan Rumah Yatim Cabang Yogyakarta, Sigit.

Meski sempat terhenti selama beberapa bulan karena pandemi, mereka bersyukur sekarang mulai ada pesanan. Walaupun, pesanan belum terlalu banyak, di mana dulunya mendapat jatah menganyam 15-20 sangkar, sekarang 6-10 per pesanan.

“Meskipun aku yatim dan ibu hanya menjadi buruh anyam kurungan, tapi aku yakin bisa meraih cita-citaku dan kelak akan membanggakan ibu dan ayah disurga,” ujar Ikhsan.

Jurnalis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend