Indahnya Jalani Hidup dengan Bersyukur

Syukur mempunyai makna yaitu berterima kasih dan menerima dengan sepenuh hati akan anugerah atau nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. Sedangkan bersyukur adalah salah satu bentuk sikap yang direkomendasikan Allah SWT, dan para nabi, ketika seorang muslim yang beriman diberi kenikmatan.

Namun melihat realita yang saat ini terjadi, masih banyak dari manusia yang memandang bahwa nikmat itu hanya dapat diukur berupa materil atau uang. Padahal tanpa kita sadari masih banyak nikmat yang Allah SWT telah berikan kepada hamba-Nya seperti salah satunya adalah nikmat kesehatan.

Pada hakikatnya mobil mewah, motor, rumah megah, dan harta kekayaan lainnya hanyalah titipan dari Allah SWT dan suatu saat akan diambil kembali.

Sebagai mana dalam firman Allah SWT :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

” Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami menambah nikmat kepadamu dan jika kamu mengkari nikmatku maka sesungguhnya azabku sangat pedih. (Q.S. Ibrahim:7)”

Jika merujuk pada ayat tersebut, maka kita harus banyak bersyukur. Sebab, apabila kita banyak bersyukur, niscaya Allah SWT akan menambah nikmat-Nya. Namun apabila sebaliknya kita mengingkari nikmat-Nya, maka tunggulah adzab dari Allah SWT.

Achmad Nugraha

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend