Infaq Itu Membersihkan Harta

Memasuki bulan suci Ramadan, semestinya setiap umat muslim dianjurkan untuk lebih bersungguh-sungguh dalam beribadah. Sebab bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah, dan setiap amalan manusia dinilai akan dilipat gandakan.

Untuk itu, banyak sekali amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah di di bulan Ramadan. Salahsatunya yaitu dengan melakukan infaq.

Infaq adalah mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam. Seperti yang dianjurkan oleh Allah dalam Q.S Al Imran ayat 134, yaitu Allah memberi kebebasan kepada umatnya yang berpenghasilan tinggi maupun rendah untuk memberikan infaq baik dalam keadaan sempit maupun lapang.

Ayat tersebut mengartikan, setiap muslim baik si kaya maupun si miskin dianjurkan untuk berinfaq. Sebab dengan berinfaq bisa membersihkan harta yang kita miliki. Memberikan harta sama halnya seperti membersihkan rumah.

Jika rumah kita berhari-hari bahkan berbulan-bulan tidak dibersihkan, tentu saja tidak nyaman untuk ditempati, begitupun dengan harta. Untuk itu Allah menganjurkan setiap umat muslim untuk membersihkan harta salahsatunya dengan berinfaq.

Selain itu, dengan menginfaqan sebagian harta menjadi salahsatu cara untuk menyucikan diri dari dosa. Terlebih sebentar lagi kita akan menghadapi hari raya idul fitri, yaitu kembali ke fitrah.

Kembali ke fitrah memiliki makna seperti bayi yang baru lahir atau seperti kertas putih yang baru keluar dari percetakan, bersih dan harum. Artinya keadaan bersih tanpa dosa. Kondisi ini bisa didapatkan dari amalan yang sudah dilakukan selama bulan suci Ramadan.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend