Jadi Mitra Rumah Yatim Awal Harapan PAUD Lokatmala

Kedatangan tim Rumah Yatim Area Jawa Barat ke PAUD Lokatmala di Kampung Maleber, Desa Ciherang, Kabupaten Cianjur, Kamis (6/7), menjadi awal harapan yayasan tersebut. Kondisi bangunan yang memprihatinkan membuat Rumah Yatim tergerak untuk membantu yayasan tersebut.

Kepala PAUD Lokatmala, Santi Afianti menjelaskan, kedatangan Rumah Yatim dalam menawarkan menjadi mitra, membawa angin segar bagi yayasan yang berdiri sejak 16 Juli 2016 silam. Sejauh ini menurutnya, PAUD Lokatmala belum menerima bantuan dari pihak manapun. Oleh karena itu, penawaran menjadi mitra ini menjadi awal yang membahagiakan bagi keberlangsungan kegiatan belajar mengajar.

“Sejauh ini biaya operasional murni dari pribadi dan guru-guru yang sebelumnya hanya ibu rumah tangga dan belum dapat bantuan dari manapun. Rencananya, kita mau menginduk ke dinas supaya dapat bantuan juga,” jelasnya.

Pada mulanya PAUD Lokatmala didirikan atas keprihatinan akan pendidikan anak di wilayah tersebut. Karena sebelumnya tidak ada lembaga maupun yayasan yang bersifat pengajaran anak usia dini. Ia tergugah membentuk sekolah tersebut pada tahun 2016 lalu. Dari sanalah, Lokatmala menjadi satu-satunya penunjang pendidikan dini bagi anak.

Sebanyak 20 anak usia dini bersekolah di yayasan tersebut. Hal ini menjadi daya tarik bagi para orangtua murid, karena keberadaannya hanya satu-satunya. Terlebih semua biaya operasional hanya mengandalkan dari iuran orangtua dan guru yang hanya seadanya.

“Sejauh ini kita menggunakan alat peraga hanya ngambil dari rumah sendiri, kemudian dikumpulkan dan swadaya dari orangtua murid,” terangnya, saat ditemui Kamis (6/9).

Kedatangan Rumah Yatim dan tawaran sebagai mitra pendidikan merupakan kali pertama. Sehingga bermitra dengan Rumah Yatim ini diharapkan dapat membantu memperbaiki sarana prasarana sekolah termasuk alat peraga. Untuk ke depannya, Santi berharap Rumah Yatim dapat lebih maju lagi, agar banyak mitra yang terbantu.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend