Jarang Tersentuh Bantuan, Dusun Batu Lilir Terima Bantuan Rumah Yatim

Selasa (14/8), Rumah Yatim menyalurkan sejumlah bantuan paket sembako dan logistik kepada korban gempa di Dusun Batu Lilir, Desa Teniga, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Penyaluran tersebut untuk membantu korban gempa yang mengalami banyak kekurangan. Karena di wilayah tersebut jarang tersentuh bantuan, akibat akses jalan yang mengalami banyak kendala.

Adapun bantuan yang didistribusikan berupa paket sembako, selimut, tikar, terpal, air minum, sarung, alat penerangan dan handuk. Sebanyak 200 kepala keluarga menerima bantuan tersebut dengan total yang ada di pengungsian kurang lebih sebanyak 519 jiwa.

Menurut pantauan tim relawan di lapangan, Dadan mengungkapkan, Dusun Batu Lilir merupakan daerah paling ujung dekat wilayah pegunungan. Oleh karena itu, tim relawan di lapangan mengalami beberapa kendala saat melintas. Seperti akses sulit dijangkau karena wilayah pegunungan, kendaraan roda empat sulit melintas karena jalan menanjak, banyak tikungan curam dan material longsoran.

“Kita juga melihat antusias penerima manfaat, mereka sangat berterima kasih, dan terlihat kebahagiaannya,” imbuhnya.

Selain itu, kendala yang lainnya adalah akses menuju lokasi harus melewati beberapa desa. Menurut pantauan Dadan, setiap ada bantuan yang melintas, masyarakat memberhentikan kendaraan yang sedang mengangkut bantuan.

“Sebelum akses ke Batu Lilir, harus melewati beberapa pengungsian dan biasanya di stop dan diminta paksa sama masyarakat setempat, mungkin karena mereka sama-sama butuh bantuan, jadi harus dikawal,” terangnya, Selasa (14/8).

Kemudian, kata dia, bantuan yang disalurkan ke dusun tersebut masih minim karena akses jalan yang sulit. Sehingga beberapa bantuan yang disalurkan oleh relawan lain mengalami banyak kendala. Oleh karena itu, Rumah Yatim berupaya menyalurkan bantuan secara merata ke wilayah yang jarang tersentuh bantuan seperti lokasi paling ujung yang berdekatan dengan pegunungan.

“Kondisi rumah-rumahnya rusak parah, bantuan yang masuk baru sedikit, makanya kami langsung handle, karena daerah yang pinggiran jalan sudah,” paparnya.

Kendati demikian, ia berharap semua bantuan yang disalurkan dapat merata dirasakan oleh para korban gempa. Menurutnya banyak PR pemerintah yang harus segera diselesaikan dalam menangani tanggap darurat bencana.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend