Jelang SBMPTN 2019, SMA El Fitra Biasakan Siswa Latihan Soal

Menjelang Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 pada Mei mendatang, berbagai persiapan dilakukan demi mencapai target siswa agar lolos ke PTN yang diinginkan. Seperti yang diupayakan SMA El Fitra yang membiasakan siswa kelas XII untuk latihan soal SBMPTN sejak awal semester genap.

“Untuk SBMPTN yang awal semester genap ini sudah murni persiapan SBM. Mulai dari bimbel di sekolah, di Asrama Pendidikan, sampai bimbel eksternal dengan lembaga lain yang sudah bekerjasama dengan kita,” ungkap Eva, staf pengajar SMA El Fitra.

Ia menambahkan, berbagai pembelajaran dan latihan soal terus digencarkan. Metode yang diterapkan ialah penguatan materinya berada di pembahasan soal. Oleh karena itu, soal-soal yang keluar tiap tahunnya dibahas secara seksama setiap hari. Hal itu agar mereka terbiasa mengerjakan soal-soal. Sehingga saat menghadapi ujian tiba, mereka dapat mengatasinya dengan baik.

Seperti yang diketahuinya, sistem ujian SBMPTN 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya. Sistem saat ini, para siswa harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) terlebih dahulu untuk mengantongi skor nilai. Kemudian skor tersebut disesuaikan dengan passing grade yang ada di PTN. Karena setiap jurusan yang ada di PTN telah mematok skornya masing-masing.

“Sekarang sistemnya sudah berbeda. Untuk tahun ini sudah mulai diberlakukan UTBK seperti mau ujian sekolah. Jadi ketika kita akan mendaftarkan ke PTN, nah kita harus sudah mengantongi standar nilai. Dari nilai yang mereka peroleh nanti bisa digunakan untuk medaftar ke PTN,” terangnya.

Persiapan untuk SBMPTN ini akan ada bimbel intensif yang sudah bekerjasama dengan Edulab dan Nurul Fikri selama satu bulan penuh. Eva berharap, yang diharapkan oleh para siswa sesuai dengan visi misi Rumah Yatim. Di mana dalam hal ini pihak sekolah juga terus berupaya menggali potensi anak demi mencapai cita-cita yang diinginkan.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend