Kedua Kali, 125 Paket Sembako Disalurkan Rumah Yatim di Desa Jeringo

Sebanyak 125 paket sembako dan sejumlah makanan bayi telah diserahkan Rumah Yatim Cabang Mataram untuk yang kedua kalinya kepada ratusan masyarakat prasejahtera di Desa Jeringo, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (22/12). Bantuan ini diserahkan untuk membantu warga setempat yang hidup dalam keterbatasan ekonomi pasca gempa lima bulan lalu.

Relawan Rumah Yatim, Salma Hasanah mengungkapkan, bantuan diserahkan kepada yatim, lansia, dan fakir miskin. Sejumlah bantuan diserahkan merupakan amanah dari salah seorang donatur Malaysia yang menitipkan donasinya di Rumah Yatim. Sebanyak 800 kepala keluarga menempati desa tersebut.

“Karena ini amanah dari para donatur Malaysia, jadi kita ambil prioritas yatim, fakir miskin, dan lansia,” imbuhnya.

Sebelumnya, tim relawan telah melakukan koordinasi dan negosiasi terkait penyerahan bantuan ini agar diberikan kepada yang benar-benar membutuhkan dan tepat sasaran. Program bantuan tersebut, kata dia, bukan untuk korban gempa, melainkan program rutin Rumah Yatim.

Menurut informasi yang diperolehnya, 80 persen bangunan hancur akibat gempa beberapa bulan yang lalu. Belum ada bantuan apapun dari pemerintah terkait bantuan renovasi. Sehingga warga hanya merenovasi rumahnya sisa dari puing-puing bangunan. Dilihat dari segi ekonomi, kondisinya belum pulih, masih banyak masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan.

“Ekonomi warga belum pulih, banyak yang tidak punya kerja, karena lahan pertaniannya hancur, jadi saat ini apa saja yang bisa dikerjain buat menyambung hidup,” terangnya.

Adanya bantuan itu, sangat disyukuri oleh masyarakat serta membawa kebahagiaan. Kendati demikian, Salma berharap Rumah Yatim Mataram bisa kembali ke wilayah tersebut untuk memberikan bantuan lagi. Mengingat masih banyak masyarakat prasejahtera yang belum menerima bantuan tersebut.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend