Kegiatan Diniyah di Asrama Pertajam Pengetahuan Agama Anak Asuh

rumah yatim

Jika sekolah menjadi tempat untuk mempertajam pengetahuan umum, maka asrama melengkapinya dengan penajaman pengetahuan keislaman. Ada berbagai program yang dilaksanakan rutin setiap harinya di asrama. Salah satunya program diniyah.

Program diniyah merupakan kegiatan pembelajaran keislaman yang disampaikan oleh pengurus asrama kepada anak-anak asuhnya. Biasanya kegiatan ini digelar rutin selepas shalat magrib. Salah satu asrama Rumah Yatim yang telah menerapkan program ini adalah asrama Rumah Yatim Monjali Yogyakarta.

Di asrama yang berada di Jl. Monjali No. 138A Ngemplak, Karangjati, Mlati Sleman Yogyakarta ini rutin melaksanakan kegiatan diniyah setiap selepas kegiatan tausiyah magrib. Materi yang dipelajari pun berbeda setiap harinya.

Antara lain materi tentang mengenal sahabat Nabi, sejarah Islam, hukum fiqih sehari-hari, tahsin, tajwid dan ragam materi lainnya. Semua mengikuti kurikulum yang sudah disusun sebelumnya oleh Rumah Yatim.

“Usai kegiatan tausiyah anak-anak, kegiatan dilanjutkan dengan kediniyahan. Biasanya kami dari para pengurus bergantian untuk memberikan materi seputar kediniyahan,” ungkap salah satu pengurus asrama Nuryeni, Kamis (5/4).

Ia berharap, kegiatan ini bisa menjadi bekal anak-anak di masa depan. Ia pun berharap ilmu yang diperoleh anak asuhnya bisa dibagikan kepada adik asuh, keluarga, saudara dan teman mereka.

 

Di tulis oleh : Sinta Guslia Pada tanggal 2018-04-05 18:40:12

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend