Kegiatan Muhadoroh Latih Keterampilan dan Percaya Diri Anak Asuh Kedaton

Melatih keberanian anak asuh menjadi salah satu agenda intensif yang diterapkan Asrama Rumah Yatim Kedaton. Kegiatan tersebut biasanya disalurkan lewat rutinitas muhadoroh di Asrama Kedaton, Jalan Sultan Agung Nomor No. 37, Kedaton, Kota Bandar Lampung.

Sejumlah rangkaian acara dalam kegiatan muhadoroh ditetapkan guna memastikan setiap anak ikut andil. Hal itu disampaikan Kepala Asrama Rumah Yatim Kedaton, Hendi. Menurutnya, selain uji kemampuan penguasaan materi, kegiatan muhadoroh sendiri untuk meningkatkan kepercayaan diri anak.

“Insya Allah bisa membuat mereka percaya diri dan sanggup untuk tampil di muka umum jika suatu saat nanti mereka tampil di umum,” ujarnya kepada jurnalis Rumah Yatim, Kamis (18/7).

Setiap sesi dalam kegiatan muhadoroh menampilkan anak asuh Kedaton. Masing-masing anak biasanya membawakan sejumlah materi. Selain itu, pengisi acara dari mulai pembawa acara, tilawatil Quran, maupun pengisi utama untuk tausiyah seluruhnya dikerjakan oleh anak asuh.

“Setiap sesinya mereka bergantian, saya ingin mereka bisa dan mampu multi talent, bukan hanya dari tahfidz tapi mereka bisa menjadi seorang da’i cilik juga minimal untuk lingkungan rumah mereka,” paparnya.

Setiap pekannya, tambah Hendi, materi yang dibawakan anak khususnya yang menjadi pengisi utama (tausiyah) berbeda-beda. Masing-masing anak biasanya diberikan pilihan untuk membawakan materi yang akan datang. Meliputi materi akhlak, kepribadian seorang muslim, dan lain sebagainya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend