Kenalkan Anak Cinta Budaya Tradisional, Rumah Yatim Dukung HAN 2018 di Aceh

Rumah Yatim Cabang Aceh turut ikut serta dalam memperingati Hari Anak Nasional Provinsi Aceh 2018 di Car Free Day (CFD), Kota Banda Aceh, Minggu (12/8). Mengusung tema Genius (Gesit, Empati, Unggul dan Sehat), kegiatan ini berupaya untuk mengenalkan kepada anak tentang budaya dan permainan tradisional.

Menurut pemaparan pengasuh Asrama Rumah Yatim Cabang Aceh, Dewi, anak asuhnya merupakan satu dari ratusan anak yang terlibat dari kegiatan tersebut. Bahkan, kegiatan yang didominasi oleh anak ini sangat ramai dan bermanfaat. Selain itu, dalam kegiatan ini juga Rumah Yatim ikut andil menjadi salah satu sponsor acara. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh.

“Kegiatan ini diisi dengan kreativitas dari anak-anak komunitas rencong, dan Rumah Yatim juga baru kali ini ikut gabung,” ujarnya.

Anak asuh Rumah Yatim diperkenalkan dengan sejumlah permainan tradisional. Agar, anak lebih mengenal budaya Indonesia tempo dulu. Karena, saat ini permainan daerah sudah jarang dijumpai oleh anak zaman sekarang.

Ia berharap, kegiatan yang terlaksana di akhir pekan ini bisa menggugah semangat kreativitas anak asuh Rumah Yatim. Karena di kegiatan tersebut juga sejumlah pameran kreativitas anak dari Forum Anak Tanah Rencong diperlihatkan. Apalagi, kata Dewi, anak asuh Rumah Yatim Cabang Aceh bisa ikut serta dalam mencoba setiap permainan.

“Pancingan-pancingan untuk anak agar lebih kreatif, dan mengenal permainan tradisonal. Mengingatkan kembali dengan tradisi asli Indonesia. Karena di kegiatan ini banyak kegiatan yang mengedukasi anak,” ungkapnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend