LATIH KEMANDIRIAN ANAK

Dilatih sejak dini untuk menjadi mandiri merupakan salah satu pembiasaan yang ada di Asrama Rumah Yatim Lodaya. Kini, pembiasaan itu diterima oleh anak asuh yang belajar mengoperasikan mesin jahit. Walaupun mereka laki-laki, namun kepandaian untuk menguasai segala bidang harus tetap dipelajari.

Menurut Kepala Asrama Lodaya, Dhian, kegiatan pembelajaran mandiri ini sangat sederhana. Hal ini dia terapkan untuk awal memperbaiki celana dengan mesin jahit. Selain itu, kata dia, pembelajaran ini sebagai bahan belajar dalam menjaga amanah.

Ia menambahkan, sebelumnya proses kemandirian anak hanya dilakukan secara manual. Hal ini, kata dia, mesin jahit yang digunakan saat ini sebelumnya belum ada. Sehingga, segala aktivitas seperti pemasangan atribut sekolah dan sebagainya dilakukan secara manual. Namun, anak asuh Lodaya tetap diberikan modal awal untuk saling mandiri. “Kegiatan tersebut baru di laksanakan karena baru mendapatkan fasilitas mesin jahit,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, kegiatan sederhana ini merupakan cara dirinya melatih kemandirian anak asuh. Serta, untuk mengajarkan rasa tanggungjawab yang diberikan oleh Rumah Yatim. Sehingga, anak asuh selalu menjaga seluruh fasilitas yang diterima oleh mereka. “Ini untuk bekal mereka, meskipun mereka lelaki tapi itu menjadi penting bagi masa depannya,” jelas Dhian.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-04-11 09:11:26

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat