Kepala Asrama Kedaton Biasakan Anak Asuh Berdoa Sebelum Beraktivitas

Berdoa sebelum melakukan aktivitas merupakan salah satu kebiasaan yang selalu diterapkan para pengurus Rumah Yatim pada anak asuhnya. Pembiasaan ini diterapkan mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur.

Berdoa pun rutin dilakukan anak asuh sebelum berangkat sekolah. Setiap pukul 06.00 – 06.30 waktu setempat, seluruh anak asuh berkumpul di depan asrama untuk mendengarkan motivasi dari kepala asrama ataupun perwakilan dari anak asuh. Setelah itu mereka melakukan doa bersama dan diakhiri dengan salam- salaman antar anak asuh dengan pengurus maupun anak asuh dengan anak asuh lainnya.

“Alhamdulillah kegiatan ini sudah rutin dilakukan. Berdoa merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan dalam Islam. Dengan berdoa, insya Allah kita akan diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah untuk menjalani semua kegiatan yang akan kita lakukan,” ungkap Kepala Asrama Rumah Yatim Cabang Kedaton Lampung, Hendi, Rabu (31/10).

Ia pun mengatakan jika berdoa dapat mencerminkan rasa syukur atas apa yang telah Allah berikan, melindungi dari rasa kecewa, menumbuhkan semangat, menghalangi dari perbuatan tercela, dan menjadikan pekerjaan kita bernilai ibadah.

“Alhamdulillah sekarang anak-anak sudah terbiasa berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Setiap pagi pun mereka sudah tidak perlu disuruh lagi untuk melakukan kegiatan doa bersama atau briefing pagi di depan asrama,” ujar Hendi.

Ia pun menjelaskan, jika pembiasaan ini merupakan bentuk kepedulian Rumah Yatim terhadap perkembangan generasi masa depan, baik secara intelektual maupun spritualitas. Keduanya dianggap penting sebagai kombinasi pembentukan generasi unggul dan berakhlak mulia.

Hendi berharap, kegiatan ini bisa diterapkan anak-anak sampai mereka tua nanti.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend