Kepala Asrama Pamulang Biasakan Anak Asuh Senang Membaca Buku

Perintah untuk rajin membaca sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Hal itu tercantum dalam Alquran surat Al ‘Alaq ayat satu sampai lima. Seperti halnya yang dilakukan Kepala Asrama Rumah Yatim Pamulang, Mustofa, yang mengajarkan anak asuh untuk rajin membaca buku. Hal itu dilakukan untuk memberi stimulus agar mereka senang membaca.

“Jadi saya pinta ke anak-anak supaya baca buku yang sudah saya kasih ke masing-masing anak,” tuturnya, Sabtu (14/7).

Setelah membaca, sambung dia, anak asuh harus menyampaikan atau mempresentasikan hasil bacaan buku di hadapan teman-temannya, dalam waktu kurang lebih 30 menit. Hal itu dilakukan secara bergiliran, agar apa yang telah dibaca dapat disimpulkan dengan baik.

“Kalau untuk baca buku saya sering tekankan, tapi kalau untuk presentasi jarang,” jelasnya.

Adapun bahan bacaan yang diberikan, kata dia, kisah-kisah tentang Rasulullah, para sahabat Nabi, Tarikh Nabi, serta buku sejarah keislaman lainnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, anak-anak menjadi semakin suka membaca buku. Agar ke depannya menambah wawasan khazanah ilmu keislama, dalam memahami sejarah kejayaan Islam dari masa ke masa. Karena membaca adalah jendela dunia dalam mengetahui perkembangan yang terjadi di muka bumi ini.

 

Di tulis oleh : Dila Nurfadila Pada tanggal 2018-07-14 16:58:55

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend