Kesadaran Kesehatan Minim, Masyarakat Hegarmanah Dapat Layanan Kesehatan Gratis

Meskipun berada di tengah Kota Bandung, kesadaran kesehatan bagi masyarakat prasejahtera masih terbilang minim. Oleh karena itu, Sabtu (6/4) lalu, Rumah Yatim Area Jawa Barat memberikan bantuan layanan kesehatan gratis bagi ratusan masyarakat prasejahtera di Jalan Hegarmanah, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung.

Relawan Rumah Yatim Solehudin menuturkan, alasannya memilih daerah tersebut untuk layanan kesehatan ini. Karena mayoritas masyarakatnya hidup di garis kemiskinan, serta merupakan wilayah padat penduduk di Kota Bandung. Sebanyak 211 orang yang memeriksakan kondisi kesehatannya agar bisa diobati, serta mendapat saran dari dokter terkait penanganannya.

“Di sana masyarakatnya tergolong dari menengah ke bawah, padat penduduk dan lumayan kumuh, terutama pola makannya yang kurang sehat,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, kata dia, Rumah Yatim juga menyediakan dokter, perawat dan apoteker. Agar para warga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dan obat-obatan gratis yang telah disesuaikan dengan resep dokter. Menurutnya, warga sangat antusias, terlihat saat mereka tidak mau kehilangan kesempatan momen tersebut. Mulai dari lansia hingga remaja datang untuk mendapatkan layanan kesehatan. Karena hal ini jarang mereka dapatkan sebelumnya.

Solehudin berharap, ke depannya masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat yang telah disarankan oleh dokter dengan mengurangi makanan yang mengandung zat kimia tinggi. Faktor lingkungan yang menyebabkan mereka kurang sadar akan pentingnya mencegah dari pada mengobati.

“Mudah-mudahan bisa ada evaluasi untuk kesehatannya, bila dilihat dari lingkungan dan sebagainya kesadaran pola hidup sehatnya masih kurang,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend